Fadel Muhammad: Distribusi Logistik Picu Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Fadel Muhammad: Distribusi Logistik Picu Pertumbuhan Ekonomi Daerah
Fadel Muhammad

Riauaktual.com -  Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad  menegaskan program pembangunan Indonesia di masa depan berada di daerah dan tergantung pada perkembangan pembangunan di daerah. Apalagi saat ini infrastruktur jalan, jalan tol, bandar udara, dan pelabuhan-pelabuhan makin baik di berbagai daerah.

"Dengan begitu, makin terbuka akses untuk distribusi perdagangan dan logistik yang diharapkan dapat memicu pertumbuhan ekonomi daerah,”  ujar Fadel dalam acara media gathering MPR RI 2024 'Media sebagai mitra strategis dalam Keterbukaan Informasi Publik' di Bandung, Jawa Barat, Jumat (7/6/2024).

Menurut Fadel, tantangan besar yang dihadapi Indonesia saat ini adalah masih rendahnya kemandirian fiskal pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. 

“Ketergantungan pemerintah daerah pada kucuran dana pembangunan dari pusat dalam bentuk dana transfer ke daerah (TKD) masih sangat tinggi,”  jelas Fadel yang juga Anggota DPD RI.

Lebih lanjut Fadel mengatakan pada tahun lalu, rata-rata ketergantungan seluruh daerah di Indonesia pada TKD mencapai 68 persen dari total pendapatan daerah. Hasil kajian Kementerian Dalam Negeri, tingkat inovasi pemerintah daerah masih menghadapi banyak tantangan. 

Hal ini bisa dilihat dari Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota Tahun 2023 (lihat Keputusan Menteri Dalam Negeri No.400.10.11-6287 Tahun 2023), di mana masih banyak provinsi, kabupaten, dan kota yang memiliki kategori indeks kurang inovatif. Sebanyak 9 provinsi, 104 kabupaten, dan 10 kota masuk kategori kurang inovatif.

Padahal kata Fadel, inovasi penting untuk mempercepat kemandirian daerah. Tingkat inovasi juga menggambarkan sejauh mana jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) kepala daerah dalam mengelola pemerintahannya. Jiwa

"Kewirausahaan perlu dipraktikkan karena menggambarkan kemampuan dan kemauan untuk mengembangkan, mengelola, dan menjalankan pemerintahan dalam mencapai kesejahteraan masyarakat, " kata Anggota DPD RI Dapil Provinsi Gorontalo ini

*Peran DPD RI*

Pemerintah daerah sendiri menurut Fadel, menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Selain masalah ekonomi, dinamika politik juga terus meningkat. Tingkat partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan makin terbuka dengan makin banyaknya saluran untuk menyampaikan aspirasi.

“Di satu sisi hal ini sangat penting untuk perkembangan demokrasi, di sisi lain banyak yang memanfaatkannya untuk kepentingan sendiri atau kelompoknya. Selain itu, alam juga mengalami perubahan seiring dengan perubahan iklim yang semakin terasa, " ujarnya.

Turut hadir di antaranya Plt Sekjen MPR Siti Fauziah; Karo Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR Anies Mayangsari Muninggar; Ketua KWP Ariawan, dan Karo Protokol, Humas Media Setjen DPD Mahyu Darma.

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index