Kuansing Tuan Rumah HPN Riau: Lomba Karya Tulis dan Foto Perebutkan Hadiah Puluhan Juta

Kuansing Tuan Rumah HPN Riau: Lomba Karya Tulis dan Foto Perebutkan Hadiah Puluhan Juta
Pacu Jalur, sebuah tradisi yang menjadi ikon Kabupaten Kuantan Singingi.

Riauaktual.com – Kabupaten Kuantan Singingi telah ditunjuk oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Riau tahun 2024. Saat ini, PWI Riau, PWI Kuansing, dan Pemkab Kuansing melalui Dinas Kominfo Kuansing terus mematangkan persiapan untuk acara akbar ini yang akan dihadiri oleh kalangan jurnalis.

Berbagai agenda menarik akan diselenggarakan selama HPN di Kuantan Singingi, termasuk lomba karya tulis jurnalistik dan lomba foto jurnalistik yang mengusung tema pacu jalur, sebuah tradisi yang menjadi ikon Kabupaten Kuantan Singingi.

Ketua PWI Kuansing, Desriandi Candra, menyatakan bahwa tema ini dipilih berdasarkan diskusi dengan PWI Riau, PWI Kuansing, Dinas Kominfo, dan arahan Bupati Kuansing. "Pacu jalur merupakan ikon Kabupaten Kuantan Singingi yang sudah dikenal luas, baik di kampung halaman maupun di perantauan," ujar Desriandi pada Rabu (29/5/2024) di Teluk Kuantan.

Tradisi pacu jalur Kuantan Singingi telah diakui secara nasional dan bahkan masuk peringkat tujuh dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2023. Dengan berbagai upaya promosi termasuk melalui media massa, pemerintah daerah berharap tradisi ini dapat semakin populer dan mencapai tiga besar KEN.

"Lomba karya tulis jurnalistik dan foto jurnalistik sempena HPN Riau yang mengambil tema tentang pacu jalur adalah bagian dari kontribusi pers Kuansing dan Riau untuk mempromosikan tradisi ini," kata Desriandi. Total hadiah yang diperebutkan dalam lomba ini mencapai Rp37 juta, dan terbuka bagi jurnalis di Kuansing dan Riau yang berminat.

Kepala Dinas Kominfo Kuansing, Hendra Roza, menyatakan bahwa Pemkab Kuansing sepenuhnya mendukung pelaksanaan HPN tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Kuantan Singingi. "Pemkab mendukung sepenuhnya kegiatan HPN ini, tidak hanya menjadi ajang bagi kalangan jurnalis tetapi juga ajang promosi budaya terutama pacu jalur," ujarnya.

Hendra Roza menambahkan bahwa peserta lomba akan diajak untuk menyaksikan proses pembuatan jalur hingga pelaksanaan pacu jalur tradisional yang akan berlangsung pada 7-8 Juni 2024. "Silahkan nanti kawan-kawan menulis dari berbagai sisi tentang pacu jalur ini," tambah Hendra Roza.

Pelaksanaan HPN di Kuantan Singingi diharapkan tidak hanya merayakan kebersamaan jurnalis tetapi juga memperkenalkan dan mempromosikan budaya lokal ke seluruh Indonesia.

#PWI RIAU #Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI )

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index