Survei Ungkap Tiga Nama Calon Wali Kota Pekanbaru Populer

Survei Ungkap Tiga Nama Calon Wali Kota Pekanbaru Populer
Direktur Eksekutif AKSARA Research, Hendri Kurniawan. Foto/Istimewa

Riauaktual.com - Menurut AKSARA Research and Consulting, survei yang dilakukan pada 20-30 April 2024 menemukan tiga nama calon Wali Kota Pekanbaru yang memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi. Ketiga tokoh tersebut adalah Agung Nugroho, Ketua DPD Demokrat Provinsi Riau, Muflihun, Pejabat Wali Kota Pekanbaru saat ini, dan Ade Hartati Rahmat, anggota DPRD Provinsi Riau Fraksi PAN.

"Dari survei kami, tiga nama ini cukup dikenal oleh masyarakat dan tingkat keterpilihannya cukup tinggi dibanding nama-nama lain," ungkap Direktur Eksekutif AKSARA Research, Hendri Kurniawan, pada Minggu (5/5/2024) kemarin.

Hasil survei menunjukkan popularitas Muflihun mencapai 20,5 persen, diikuti oleh Agung Nugroho dengan 16 persen, dan Ade Hartati Rahmat dengan 11,8 persen. Sedangkan untuk tingkat elektabilitas, Agung Nugroho memiliki 12,3 persen, Ade Hartati Rahmat 10,8 persen, dan Muflihun 8 persen.

Survei yang melibatkan 400 responden ini dilakukan dengan metode multistage random sampling dan memiliki Margin of Error 4,9 persen serta tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Dalam laporan survei, Kinerja Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru saat ini, Muflihun, dinilai lebih baik dibandingkan dengan era Pemerintahan Kota Pekanbaru sebelumnya, Firdaus dan Ayat Cahyadi. Sejumlah sektor yang dinilai sudah maksimal antara lain terkait layanan publik (15 persen), infrastruktur (11,4 persen), kebutuhan pokok (8,8 persen), dan transportasi (7,8 persen).

Namun, persoalan pengangguran dan ketersediaan lapangan kerja menjadi masalah serius yang harus segera diselesaikan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru berikutnya. "Dalam laporan survei, 33,5 persen responden sepakat bahwa persoalan itu harus menjadi prioritas dan harus segera diselesaikan oleh wali kota dan wakil wali kota selanjutnya," tambahnya.

#PILKADA DAN PILGUB

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index