Angkatan Laut Iran Sita Kapal Israel di Selat Hormuz

Angkatan Laut Iran Sita Kapal Israel di Selat Hormuz
Komando Angkatan Laut Iran saat sedang menyita kapal kontrainer milik seorang pengusaha Israel/Net

Riauaktual.com - Di tengah ketegangan yang meningkat antara Teheran dan Tel Aviv, Komando Angkatan Laut Iran dilaporkan telah menyita kapal kontainer milik seorang pengusaha Israel pada Sabtu (13/4).

Mengutip Anadolu Agency, kapal yang membawa bendera Portugis itu dihadang di Selat Hormuz, yang diidentifikasi sebagai kapal MSC Aries milik perusahaan pelayaran Zodiac Maritime atau yang diketahui milik miliarder Israel, Eyal Ofer.

Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) sendiri telah mengkonfirmasi adanya penyitaan kapal kontainer tersebut, meski begitu mereka belum memberikan informasi lebih rinci terkait penangkapannya.

“Kapal dilaporkan telah disita oleh otoritas regional,” kata UKMTO dalam laporannya.

Saat ini, kapal tersebut telah diarahkan menuju wilayah perairan Iran.

Pihak UKMTO kemudian mengimbau kepada para kapal yang akan bertransit ke kawasan itu untuk terus berhati-hati dan melaporkan diri jika terdapat aktivitas mencurigakan di wilayah setempat.

Ketegangan antara kedua belah pihak yang terus meningkat ini terjadi setelah Israel meluncurkan serangan tak berawaknya ke kompleks kedutaan Iran di Damaskus pekan lalu.

Serangan pesawat tak berawak itu menyebabkan seorang komandan senior Pasukan Quds Iran dan enam perwira lainnya tewas.

Meski Israel tidak mengklaim bertanggung jawab atas serangan udara terhadap kompleks tersebut, namun pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei telah menyerukan pembalasan yang setimpal terhadap musuhnya.

"Israel harus dihukum, dan (Iran) akan melakukan operasi yang setara dengan serangan (Israel)," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index