Penetapan Mursini - Halim Ditunda, KPU Riau Surati Mendagri

Penetapan Mursini - Halim Ditunda, KPU Riau Surati Mendagri
kpu

PEKANBARU (RA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau akan berkonsultasi dan menyurati Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pasca ditundanya penetapan pasangan Mursini-Halim sebagai Bupati-Wakil Bupati Kuansing terpilih periode 2016-2021.

Ketua KPU Riau, Nurhamin mengatakan, seharusnya tidak ada lagi alasan pihak manapun menghalangi penetapan Mursini-Halim yang menang perkara gugatan di Mahkamah Konstitusional.

"Kita hanya mengurus teknis pemilihan saja dan masalah dugaan ijazah palsu calon terpilih bukan urusan KPU lagi. Sudah ada penetapan dari MK, jadi seharusnya sudah ditetapkan," ujarnya kepada wartawan, Senin (7/3).

Oleh sebab itu, KPU akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri terkait penundaan penetapan pasangan pemenang Pilkada ini.

"Kami akan menyurati Mendagri, kalau memang kondisinya tidak memungkinkan. Kami akan mengusulkan Mendagri yang melantik bukan gubernur," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, ratusan massa yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Peduli Kuansing (AMPK) berunjuk rasa ke kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuansing, saat agenda penetapan pasangan pemenang Pilkada.

Massa meminta penetapan Mursini-Halim sebagai Bupati dan Wakil Bupati ditunda. Jajaran pimpinan DPRD akhirnya menunda proses penetapan tersebut.
 

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index