Investor Diminta Perbaiki Jalan Sampai Mulus, Pj Gubri: Jangan Hanya Tambal-tambal Saja!

Investor Diminta Perbaiki Jalan Sampai Mulus, Pj Gubri: Jangan Hanya Tambal-tambal Saja!
SF Hariyanto, saat melakukan peninjauan jalan-jalan rusak di wilayah Kota Pekanbaru/F: ist

PEKANBARU  - Raut wajah Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto, seketika berubah saat wartawan menyinggung kondisi jalan banyak yang rusak oleh bekas galian para investor. 

Meskipun tidak menyinggung pihak yang melakukan galian di sejumlah ruas jalan, kekesalan SF Hariyanto tak bisa disembunyikan.

Ia pun memberikan himbauan kepada para investor untuk bertanggung jawab terhadap galian jalan di kota Bertuah. 

Dikatakan Pj Gubri SF Hariyanto, bahwa selama ini pemerintah daerah selalu mendukung setiap pihak yang ingin melakukan investasi. Namun, lantaran kurang adanya penegasan terkait akses berinvestasi di bumi lancang kuning, sehingga menyebabkan kerusakan jalan di Kota Pekanbaru.

Oleh karena itu, ia menegaskan harus ada penekanan untuk pentingnya menjaga integritas infrastruktur jalan yang merupakan bagian vital dari pembangunan wilayah.

"Orang mau membuat galian jalan tujuannya untuk investasi di sini, kita silahkan. Tapi ingat harus bertanggung jawab, memperbaiki kembali bagaimana mereka menggali semula. Bentuknya harus sama seperti awal," kata SF Hariyanto, saat melakukan peninjauan jalan-jalan rusak di wilayah Kota Pekanbaru, Sabtu (02/03/2024).

Mantan pejabat Kementerian PUPR ini menjelaskan, konstruksi galian jalan harus dilakukan dengan standar yang sama dan tidak boleh hanya sekedar siap saja. Dengan begitu, untuk mengantisipasi hal tak diinginkan, kedepannya para investor harus membuat jaminan pelaksanaan.

"Konstruksinya pun sama, jangan hanya ditambal-tambal saja langsung diaspal dan hancur lagi. Untuk itu saya minta kepada kawan-kawan ini agar dibuat jaminan pelaksanaannya. Kalau dia tidak mau memperbaiki, kita cairkan jaminannya," jelasnya.

Diungkapkan, cara ini dapat menjadi langkah untuk memastikan pembangunan infrastruktur di Provinsi Riau dilakukan dengan tertib, bertanggung jawab, dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Dengan demikian, bisa memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat dan pembangunan daerah secara keseluruhan.

“Justru itu saya nanti akan merapatkan barisan dengan Dinas PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Karena inikan izin nya melalui dia semua. Jadi nanti ke depan harus terbuka, harus ada izin pula dari kota (Pemerintah Kota Pekanbaru) juga melalui semuanya dan PUPR,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Pj Gubernur Riau SF Hariyanto menyatakan kesiapannya untuk mendukung setiap investor yang memiliki minat berinvestasi di Provinsi Riau. 

“Tapi kita siap mendukung, siapapun yang akan mau berinvestasi ke Riau," pungkasnya.*****

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index