Disperindag Pekanbaru Sosialisasikan Pinjaman Bunga Nol Persen Ke Pedagang di 3 Pasar

Disperindag Pekanbaru Sosialisasikan Pinjaman Bunga Nol Persen Ke Pedagang di 3 Pasar
Kepala Disperindag Pekanbaru, Zulhelmi Arifin

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru mensosialisasikan program subsidi bunga pinjaman usaha ke pedagang di tiga pasar tradisional. Program ini diharapkan dapat mencegah pedagang kecil agar tidak terlilit hutang. 

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, pihaknya bersama BPR Pekanbaru melakukan sosialisasi di tiga pasar, yakni Pasar Cik Puan, Pasar Simpang Baru Panam dan Pasar Limapuluh.

"Ini bentuk dukungan modal usaha kepada pedagang mikro," ujar Zulhelmi Arifin, Selasa (13/2/2024).

Dijelaskannya, para pedagang yang mengajukan kredit usaha nantinya akan digratiskan biaya bunga atau bunga nol persen.

"Kita tidak ingin pedagang terjerat oleh rentenir atau lilitan hutang. Kita berupaya membantu masyarakat," terang Ami, sapaan akrabnya. 

Ia menuturkan, bantuan biaya bunga kredit usaha ini bersumber dari APBD Kota Pekanbaru. Para pedagang bisa mengajukan kredit modal usaha ke BPR Pekanbaru dengan besaran maksimal Rp 15 juta.

Dirinya mengingatkan, pedagang bisa memperoleh pinjaman dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Pedagang bersangkutan tidak tercatat sebagai pedagang dengan riwayat kredit macet.

Bunga pinjaman disubsidi oleh pemerintah kota, dengan besaran bunga pinjaman modal mencapai 12 persen. Pedagang penerima subsidi bunga hanya membayar pokok pinjaman setiap bulannya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index