Ribuan Warga Pekanbaru di Wilayah Rawan Pangan Bakal Dapat Bantuan Pemerintah

Ribuan Warga Pekanbaru di Wilayah Rawan Pangan Bakal Dapat Bantuan Pemerintah
Kepala DKP Pekanbaru, Maisisco saat memimpin rapat koordinasi penyaluran bantuan pangan bersama jajarannya

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) tahun ini segera menyalurkan bantuan bahan pangan kepada 2.373 kepala keluarga (KK). Bantuan ini sebagai salah satu upaya penanganan daerah rentan pangan. 

Jumlah ribuan kepala keluarga yang tersebar di sembilan kelurahan di Kota Pekanbaru ini nantinya akan mendapatkan bantuan pangan berupa beras, minyak goreng dan gula.

Kepala DKP Kota Pekanbaru Maisisco mengatakan, berdasarkan peta Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) potensi kerawanan pangan Kota Pekanbaru, pada tahun 2024 ini, ada sebanyak 9 kelurahan yang masuk dalam wilayah rentan rawan pangan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah Kota Pekanbaru mengintervensi dengan membantu dukungan pangan sehingga pangan di daerah tersebut tersedia.

Untuk penerima bantuan ini, dijelaskan Maisisco, data yang digunakan adalah data P3KE Kemenko PMK. Dan berdasarkan jumlah tersebut, tahun ini Pemko mengalokasikan bantuan untuk 2.373 keluarga penerima manfaat. 

''Untuk memastikan para penerima by name by adress, kita saat ini berkoordinasi dengan lurah dan camat, sehingga bantuan yang diberikan benar-benar sesuai kondisi di lapangan, dan dalam waktu dekat akan ada tim yang melakukan verifikasi dan validasi data penerima ke lapangan,'' terang Maisisco, Senin (12/2). 

Dia berharap dukungan lurah untuk sesegera mungkin melakukan verifikasi data terhadap penerima. Sehingga penyerahan bantuan ini benar-benar tepat sasaran. 

Bila proses verifikasi data selesai, diperkirakan paling lama pada April 2024 ini, bantuan tersebut sudah bisa disalurkan kepada masyarakat penerima manfaat.

Berikut adalah jumlah Keluarga Penerima Manfaat Penanganan Daerah Rentan Rawan Pangan Kota Pekanbaru Tahun 2024. Kecamatan Rumbai Barat Kelurahan Muara Fajar Barat  276 KPM. 

Kecamatan Rumbai Kelurahan  Limbungan Baru 339 KPM. Kecamatan Rumbai, Kelurahan Lembah Damai  392 KPM. Kecamatan Rumbai Timur Kelurahan Lembah Sari 322 KPM. 

"Kecamatan Pekanbaru Kota Kelurahan Kota Baru ada 68 KPM," ulasnya. 

Kemudian, Kecamatan Bukit Raya Kelurahan Tangkerang Utara 226 KPM. Kecamatan Bukitraya Kelurahan Air Dingin 223 KPM. Marpoyan Damai Kelurahan Tangkerang Tengah 274 KPM, dan Tenayan Raya Kelurahan Bambu Kuning 253 KPM.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index