Festival Pacu Jalur Kuansing Masuk 10 TOP Festival Se-Indonesia di KEN 2024

Festival Pacu Jalur Kuansing Masuk 10 TOP Festival Se-Indonesia di KEN 2024
Festival Pacu Jalur Kuansing Masuk 10 TOP Festival Se-Indonesi

Riauaktual.com - Pada acara peluncuran Kharisma Event Nasional (KEN) tahun 2024 di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Festival Pacu Jalur Kuansing berhasil meraih prestasi dengan masuk dalam daftar 10 TOP Festival se-Indonesia dari total 110 festival yang lolos KEN tahun 2024. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, optimis bahwa prestasi ini akan membawa Festival Pacu Jalur menjadi lebih dikenal secara internasional, juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengapresiasi komitmen Pemerintah Daerah, khususnya Bupati Kuansing H Suhardiman Amby, yang berkomitmen besar dalam mengembangkan dan membesarkan event budaya Pacu Jalur. Dia menyatakan keyakinannya bahwa prestasi ini akan memperkuat eksistensi Festival Pacu Jalur di tingkat nasional dan internasional.

"Festival Pacu Jalur di Kuansing telah berhasil masuk dalam kalender KEN 2024, mengukuhkan posisinya di 10 besar dari 110 festival se-Indonesia. Ini merupakan pencapaian luar biasa yang membuktikan potensi dan daya tarik budaya daerah kita," ujar Menteri Sandiaga Uno.

Bupati Kuansing, Drs H Suhardiman Amby, bersama Sekda H Dedy Sambudi, menilai bahwa masuknya Festival Pacu Jalur dalam KEN 2024 akan memberikan dampak positif dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kuansing. Mereka berharap dukungan penuh dari Kemenparekraf RI dalam mempromosikan event budaya Pacu Jalur, dan optimis bahwa keberhasilan Festival Pacu Jalur dapat memotivasi kemunculan lebih banyak event pariwisata dari Kuansing di KEN di tahun-tahun mendatang.

Dalam KEN 2024, Festival Pacu Jalur merupakan satu-satunya event budaya dari Riau yang berhasil masuk dalam daftar 10 TOP, sedangkan ada enam event pariwisata dari Provinsi Riau yang masuk dalam KEN 2024. Kadis Pariwisata, Drs Azhar Ali, MM, mengungkapkan kebanggaan atas prestasi ini dan mengatakan bahwa keberhasilan ini adalah hasil dari komitmen Bupati, Sekda, dan seluruh masyarakat Kuansing.

"Festival Pacu Jalur di Kuansing tidak hanya mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari Kemenparekraf, tetapi juga dianggap sebagai potensi besar bagi pariwisata Indonesia. Sandiaga Uno berharap Festival Pacu Jalur dapat terus berkembang dan semakin dikenal di tingkat nasional dan internasional," ungkap Kadis Pariwisata, Azhar Ali.

#PARIWISATA #Kuansing

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index