Pekanbaru Masih Gratiskan Vaksinasi Covid-19 Hingga Akhir Tahun

Pekanbaru Masih Gratiskan Vaksinasi Covid-19 Hingga Akhir Tahun
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, masih menyediakan vaksin Covid-19 secara gratis. Masyarakat yang belum melakukan vaksinasi maupun yang belum mendapat dosis lengkap bisa mendapatkannya secara gratis.

Masyarakat bisa datang ke RSD Madani Pekanbaru, di Jalan Garuda Sakti, Kecamatan Bina Widya bila memang belum suntik vaksin Covid-19. Mereka masih bisa mendapatkan suntikan vaksin secara gratis hingga 31 Desember 2023 mendatang.

Pasalnya Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mengkonfirmasi satu warga kota ini terpapar Covid-19. Guna antisipasi penyebaran, masyarakat yang belum mendapat vaksin atau belum mendapat dosis lengkap bisa melakukan vaksinasi Covid-19.

"Bagi yang ingin mendapat suntikan vaksin secara gratis, bisa datang ke RS Madani," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, Rabu (13/12).

Masyarakat harus mewaspadai penyebaran kembali virus ini. Masyarakat bisa melakukan upaya pencegahan dengan mengikuti protokol kesehatan.

Sejumlah protokol kesehatan di antaranya menggunakan masker dan menjaga jarak saat berada di tempat keramaian. Selain itu juga bisa mendapatkan vaksin untuk mengurangi dampak Covid-19.

Zaini menyebut, ada kemungkinan pada tahun depan suntik vaksin untuk mencegah Covid-19 bakal berbayar. Namun hingga akhir tahun ini vaksin Covid-19 bisa diperoleh secara gratis.

Ia menyebut bahwa suntik vaksin Covid-19 berbayar karena kondisi saat ini tidak pandemi lagi. Vaksin berbayar ini sesuai surat edaran dari Ditjen P2P Kementrian Kesehatan RI.

"Sebelum 31 Desember gratis, setelah itu kemungkinan berbayar," ungkapnya.

Zaini terus mengimbau masyarakat agar terus menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) guna antisipasi penularan virus. Masyarakat yang belum mendapat vaksin, bisa segera melakukan vaksinasi ke tempat yang disediakan. 

#Kesehatan #COVID

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index