Warga Pekanbaru Terkonfirmasi Covid-19, Diduga Varian EG.5

Warga Pekanbaru Terkonfirmasi Covid-19, Diduga Varian EG.5
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih.

Riauaktual.com - Satu warga Kota Pekanbaru terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien laki-laki berinisial F (54) itu dilaporkan terpapar Covid-19 setelah mengeluh demam tinggi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, F dinyatakan positif Covid-19 pada 8 Desember 2023 lalu. Ia positif Covid-19 saat menjalani pemeriksaan di RS Awal Bros Pekanbaru.

"Bahwa pasien itu datang dengan keluhan demam tinggi selama dua hari. Ia mengalami demam disertai batuk berdahak," kata Zaini, Selasa (12/12).

Setelah dilakukan pemeriksaan antigen, ternyata hasilnya reaktif. Pasien pun dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR.

Terhadap pasien tersebut dilakukan isolasi mandiri (isoman). F kini menjalani isoman di rumahnya.

"Kondisi pasien saat ini baik, sehingga isoman di rumah saja," terang Zaini.

Dirinya belum bisa memastikan apakah pasien F terkonfirmasi varian Covid-19 baru atau masih jenis yang lama. Untuk memastikan itu, pihaknya perlu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

"Kita tidak tahu (variannya), diperiksa dahulu. Sepertinya iya (Varian Eris atau EG.5 dan EG.2. Karenakan negara tetangga mulai kena (covid-19) lagi," ungkapnya.

Mengingat kasus Covid-19 kembali mewabah di Kota Pekanbaru, dirinya pun mengajak masyarakat untuk kembali mengikuti protokol kesehatan.

"Masyarakat bisa mulai mengenakan masker lagi, terutama ketika berada di tempat keramaian," imbaunya.

Sementara itu Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Pekanbaru Samsimar, juga mengatakan bahwa kasus yang menimpa F belum diketahui variannya.

"Sejauh ini varian apa belum diketahui," ujar Samsimar.

Namun yang pasti kata Samsimar, kasus Covid-19 di Pekanbaru tetap ada. "Untuk kasus covid kita tetap ada. Tapi hanya endemik, kadang ada dalam satu bulan, kadang tidak ada," pungkasnya.

Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa kasus Covid-19 di Indonesia kembali mengalami kenaikan dari yang biasanya. Ada 10-20 kasus dalam seminggu, pada pekan kemarin menjadi 267 kasus per minggunya.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebutkan, ada dua varian baru yang saat ini dominan di Indonesia yakni varian Eris atau EG.5 dan EG.2. 

#COVID #Pekanbaru

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index