Current Date: Selasa, 27 Februari 2024

Workshop Penyusunan Modul KPP Tokoh Agama untuk Menurunkan Stunting di Rokan Hulu

Workshop Penyusunan Modul KPP Tokoh Agama untuk Menurunkan Stunting di Rokan Hulu
Workshop Penyusunan Modul KPP Tokoh Agama untuk Menurunkan Stunting

Riauaktual.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu, bersama dengan Yayasan Cipta dan Tanoto Foundation sebagai donor, menyelenggarakan Workshop Penyusunan Modul Pelatihan Komunikasi Perubahan Perilaku (KPP) untuk tokoh agama. Workshop ini bertujuan untuk mendukung penurunan angka stunting, yang merupakan masalah serius dalam pertumbuhan anak-anak. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 24 dan 25 Agustus 2023 di Aula DKPPKB Rokan Hulu.

Workshop ini merupakan bagian dari komitmen bersama untuk mempercepat penurunan angka stunting sesuai target nasional pada tahun 2024. Berdasarkan Peraturan Presiden No. 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, pemerintah daerah melalui TPPS bersama Yayasan Cipta dan Tanoto Foundation melaksanakan workshop penyusunan modul pelatihan KPP bagi tokoh agama.

Sebelum pelatihan untuk tokoh agama dilaksanakan, peserta workshop terlebih dahulu menyelesaikan draft kurikulum dan modul, mengidentifikasi pelatih/fasilitator, dan menyusun rencana tindak lanjut jadwal pelatihan tokoh kunci agama.

Strategi penurunan stunting di Rokan Hulu akan dilakukan melalui tokoh agama dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran dan perubahan perilaku masyarakat dalam mencegah stunting.

Rahmad Ramadhan, District Officer Yayasan Cipta, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Pengembangan Kurikulum KPP Tokoh Agama Rokan Hulu yang telah dilaksanakan pada Juni 2023. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyusun draft modul KPP Tokoh Kunci Agama yang nantinya akan menjadi pedoman dan buku saku untuk tokoh agama di Rokan Hulu.

Workshop tersebut dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk OPD terkait stunting, akademisi dari UPP, Wakil Dekan II, dan anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Harapannya adalah bahwa kegiatan ini dapat menghasilkan modul KPP yang akan menjadi panduan untuk tokoh agama dalam upaya menurunkan angka stunting di Rokan Hulu. (ADV)

#Pemkab Rokan Hulu #Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index