169 CPNS Formasi Tahun 2019 Diambil Sumpah

169 CPNS Formasi Tahun 2019 Diambil Sumpah
169 CPNS Formasi Tahun 2019 Diambil Sumpah

Riauaktual.com – Sebanyak 169 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Rokan Hulu Formasi Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu diambil sumpah dan Janji.

Pengambilan sumpah terhadap 169 CPNS Rohul kali ini dilakukan oleh Bupati Rokan Hulu diwakili asisten bidang administrasi Umum Edi Suherman, SH, Selasa (16/05) di Convention Hall Islamic Center Rokan Hulu.

Turut hadir dalam acara, Asisten I bidang Pemerintahan dan kesejahteraan masyarakat H. Fhatanalia putra, kepala BKPP Rohul Erpan Dedi Sanjaya, SSTP, M.Si dan seluruh Kabid BKPP Rohul lainnya.

Dalam Arahan tertulis Bupati Kabupaten Rokan Hulu, Asisten 3 Edi Suherman mengatakan pengambilan sumpah janji merupakan tahapan yang harus dilalui oleh seorang CPNS ketika diangkat menjadi PNS. Dimana setelah menjadi PNS, dituntut untuk mengucapkan sumpah pegawai atau janji pegawai negeri sipil.

“Hal ini sesuai dengan bunyi pasal 66 ayat 1, Undang -Undang no 5 tahun 2014 tentang aparatur Sipil Negara, yang berbunyi “setiap calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah atau janji,” katanya.

Lanjutnya, pengambilan sumpah atau janji PNS ini memiliki tujuan tertentu, yakni sebagai bagian dari upaya pembinaan PNS sebagai aparatur negara dan abdi masyarakat, dengan tujuan agar para PNS mempunyai kesetiaan dan ketaatan terhadap pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah.

“Serta memiliki mental yang baik, jujur, bersih, berdaya guna dan penuh tanggung jawab terhadap tusi yang diberikan,” tambahnya.

Diakui Asisten Suherman, menjadi PNS di masa sekarang ini haruslah memiliki kemampuan belajar dan senantiasa mengembangkan diri, memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya, serta tanggap terhadap dinamika tuntutan masyarakat.

“Oleh karena itu, tanamkanlah kesadaran dalam diri, bahwa saudara adalah bagian penting dari motor penggerak perubahan ke arah yang lebih baik. jangan sampai mencontoh atau malah ikut-ikutan dengan budaya kerja yang tidak profesional,” pesannya.

Sementara itu, Kepala BKPP, Erpan Dedi Sanjaya mengaku sangat mengapresiasi kinerja yang sudah dilakukan CPNS di Instansi masing-masing, melalui survei yang dilakukan ke beberapa OPD menyatakan Puas dengan kinerja CPNS ini, dan dirinya berharap agar hal ini dapat terus di tingkatkan.

“Apabila dinyatakan lulus namun PNS ini, dan mengajukan permohonan pindah sama halnya dengan berhenti menjadi PNS dan hal ini sudah di setujui dan ditandatangani dengan sadar oleh seluruh PNS yang sudah memilih dan berkomitmen menjadi PNS sebagai jalan hidupnya” terang Erpan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index