Current Date: Selasa, 27 Februari 2024

Meriahnya Malam Pawai Takbiran Keliling di Rohul

Meriahnya Malam Pawai Takbiran Keliling di Rohul

Riauaktual.com - Masih dalam suasana Hari Raya Idul Adha 1444 H atau 2023 Masehi, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu selenggarakan Pawai Takbir keliling yang dilaksanakan pada malam Rabu (28/06) di Depan gedung Masjid Islamic Center Rokan Hulu.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu tidak bisa menyelenggarakan pawai takbiran dikarenakan pandemi Covid-19, namun pada tahun ini Kabupaten yang dijuluki sebagai Negeri Seribu Suluk tersebut sudah dapat kembali melaksanakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan pada malam lebaran.

Pada penyelenggaraan Pawai Takbiran keliling tahun ini, Pemkab Rohul mengangkat tema “Buang sifat-sifat buruk yang ada pada diri kita dan tumbuhkan sifat santun dan saling menyayangi”.

Dengan menabuh bedug dan penyerahan bendera start, kegiatan Pawai Takbiran Keliling malam itu diikuti oleh 18 Masjid yang ada di Kecamatan Rambah.

Tampak pada kegiatan, Bupati Rokan Hulu H Sukiman didampingi oleh Wakil Bupati Indra Gunawan tampak bersemangat menyaksikan mobil yang telah dimodifikasi dengan pernak-pernik lampu dan ukiran Masjid yang berwarna warni.

Disampaikan Bupati, bahwa Pawai Takbiran memiliki makna yang mendalam bagi semua umat Islam dan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu akan terus berupaya untuk memfasilitasi acara tersebut dengan tetap mengedepankan keselamatan masyarakat.

” Pawai Takbiran merupakan salah satu tradisi yang tidak terpisah dari perayaan Hari Raya Idul Adha, oleh karena itu pada malam yang penuh berkah ini seluruh umat muslim di seluruh dunia begitu pula yang ada di Negeri Seribu Suluk ini beramai-ramai mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid, memuji dan memanjatkan rasya syukur kepada Allah SWT,” kata Bupati.

Melalui momentum yang sangat istimewa sebagai langkah maju untuk mewujudkan pembangunan yang merata di Kabupaten Rokan Hulu, Bupati Sukiman berharap kegiatan ini dapat mempererat tali silaturrahmi baik antara umat muslim maupun antar umat beragama lainnya.

“Sehingga nantinya kegiatan ini menjadi ajang syiar Islam yang mencerminkan tentang ajaran Islam yang aman,damai dan saling menjaga toleransi yang merupakan implementasi dan ajaran Islam yang Rahmatan lil Alamin,” tambah Bupati.

Tidak cukup sampai disitu, Kapolres Rokan Hulu,Budi Setiyono SIK MH mengaku telah menurunkan 100 personil gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan guna mengamankan dan menertibkan acara.

“Kami menurunkan 100 personil pada malam ini untuk keamanan dan ketertiban jalan peserta pawai menuju finis,” jelas Kapolres.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index