Susah Tidur? Hindari Makan 5 Makanan Ini Jelang Waktu Istirahat

Susah Tidur? Hindari Makan 5 Makanan Ini Jelang Waktu Istirahat
Susah tidur, (Foto: Freepik)

Riauaktual.com - SUSAH tidur di malam hari jadi masalah sehari-hari yang dialami banyak orang. Banyak orang kesulitan untuk bisa mengantuk dan tertidur di malam hari, padahal sudah lelah beraktivitas seharian.May 2023

Jika Anda salah satu yang mengalami masalah ini, coba cek apa makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi jelang waktu tidur. Sebab, beberapa makanan tertentu nyatanya bisa memicu kita untuk sulit tidur loh!

Ingin tahu makanan apa yang tidak boleh dimakan sebelum tidur? Cari tahu di bawah ini, sebagaimana dilansir dari NDTV Food, Selasa (23/5/2023).

1. Tomat: Kenapa? Karena tomat mengandung tyramine, asam amino yang dikenal bisa merangsang aktivitas otak dan membuat kita tetap terjaga. Selain itu, tomat bersifat asam yang mana artinya jika dimakan sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan keasaman.

2. Roti tawar putih: Makanan satu ini sarat karbohidrat olahan dan punya indeks glikemik tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa makanan semacam ini terkait dengan risiko insomnia yang lebih tinggi.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi menyebabkan kadar gula darah melonjak dengan cepat, yang akhirntya bisa memengaruhi kemampuan untuk tidur dengan nyenyak. Ini juga dapat menyebabkan peradangan, sehingga menghambat kualitas tidur.

3. Makanan pedas: Makanan pedas bisa membuat terjadinya peningkatan suhu tubuh, bahkan makanan pedas tertentu bisa jadi dalang terjadinya refluks asam dan masalah usus lainnya. Segala bentuk gangguan pencernaan pasti akan menyebabkan malam yang gelisah. Ini juga mengapa kita tak boleh makan junk food atau makanan olahan sebelum tidur.y 2023

4. Es krim: Es krim memang enak sebagai makanan penutup atau camilan malam, tapi es krim tinggi lemak dan gula, keduanya ini bisa menghambat tidur. Makanan tinggi lemak dipercaya dapat membuat tubuh tetap terjaga, karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya dengan baik dan juga mempengaruhi kadar insulin, yang menyebabkan gangguan tidur.

5. Cokelat: Jenis cokelat tertentu mengandung tirosin, yang dapat membuat kita jadi terjaga dan waspada. Cokelat hitam mengandung theobromine, senyawa yang diketahui bisa meningkatkan detak jantung, dan ini juga akhirnya bisa memengaruhi kemampuan untuk tertidur. Kandungan kafeinnya juga bisa bikin gelisah loh!

 

 

Sumber: Okezone.com

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index