Pernyataan PKS Terkait Buka Peluang Din Syamsuddin Jadi Cawapres Anies Baswedan

Pernyataan PKS Terkait Buka Peluang Din Syamsuddin Jadi Cawapres Anies Baswedan
Din Syamsuddin bersama Presiden PKS Ahmad Syaikhu (ist)

Riauaktual.com - PKS membuka peluang Din Syamsuddin menjadi Cawapres bagi Anies Baswedan. Din merupakan tokoh senior Muhammadiyah dan mantan Ketua Umum MUI.

Diketahui, Partai Keadilan Sejahtera sowan politik ke berbagai tokoh nasional untuk mencari cawapres pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024, salah satunya ke Din Syamsuddin.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menuturkan, koalisi dengan Nasdem dan Demokrat sudah sepakat bahwa Anies Baswedan adalah bakal calon presiden yang akan diusung.

Syaikhu mengatakan koalisi tersebut kini semakin solid di tengah berbagai terpaan yang dihadapi.

Ahmad Syaikhu mengatakan untuk capres KPP telah sepakat menunjuk Anies Baswedan.

Untuk wakil presiden, meskipun diserahkan langsung ke Anies Baswedan, namun tiga partai politik di KPP memiliki peluang untuk mencari sosok yang tepat mendampingi Anies Baswedan dengan melakukan sowan politik.

Syaikhu kemudian menggoda Din bahwa sosoknya bisa sangat dimungkinkan untuk diusung menjadi cawapres Anies Baswedan.

“Saya sekarang diamanahi untuk keliling ke berbagai elemen bangsa Pak Din, untuk mencari cawapres, untuk diusulkan. Saya pikir barangkali salah satunya justru ada di sini,” goda Syaikhu kepada Din Syamsuddin di kediaman Din di Jalan Margasatwa, Jakarta Selatan, Selasa (23/5) kemarin yang sebagaimana dikutip dari Pojoksatu.id.

Mendapati pernyataan itu, Din Syamsuddin lantas berseloroh tidak ada dalam forum dan pembahasan soal itu pertemuan sore hari ini.

“Tapi tidak di kunjungan ini. Itu yang jadi headline itu,” timpal Din sambil menutup.

Sementara itu, PKS juga memberi sinyal dukungan kepada tokoh senior Muhammadiyah Din Syamsuddin untuk menjadi calon wakil presiden Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Sinyal itu terlontar dari Presiden PKS Ahmad Syaikhu ketika sowan ke kediaman Din Syamsuddin, Jalan Margasatwa, Jakarta Selatan, Selasa sore (23/5).

“Ya sangat-sangat mungkin,” kata Syaikhu di lokasi.

Ahmad Syaikhu mengatakan bahwa tugasnya mencari tokoh bangsa yang pas dan tepat untuk pendamping Anies Baswedan.

“Tugas saya sebagai presiden PKS adalah mencari. Nanti kita akan laporkan ke Majelis Syura siapa-siapa yang nanti akan diusulkan,” katanya.

Dia menambahkan meskipun PKS tidak memaksakan diri untuk mengusulkan kadernya menjadi cawapres Anies Baswedan, namun pihaknya akan mencari tokoh yang memiliki kapabilitas yang baik dalam memimpin negara.

“Kalau kader sendiri yang punya kemampuan dan diterima oleh masyarakat ya kita akan sodorkan tapi prinsip satu yang tadi saya sudah sampaikan ke pak Din,” kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index