Ini 5 Makanan yang Bisa Jadi Racun Jika Dimasak atau Terlalu Matang

Ini 5 Makanan yang Bisa Jadi Racun Jika Dimasak atau Terlalu Matang
Ilustrasi, (Foto: Freepik)

Riauaktual.com - PROSES memasak, bisa dnegan menggoreng, menumis, membakar atau dipanggang jadi salah satu metode bukan hanya mematangkan makanan mentah. Tetapi juga mengubah produk yang sebelumnya tidak bisa dimakan, menjadi layak untuk dikonsumsi.

Tapi tahukah Anda, kalau tidak semua bahan makanan itu bisa dimasak dan jadi sehat saat sudah dimasak. Ada beberapa jenis bahan makanan, yang ternyata bisa berubah jadi racun saat ia dimasak atau dimasak sampai terlalu matang. Berikut penjelasannya, sebagaimana dilansir dari NDTV Food, Senin (22/5/2023)

1. Madu: Madu sering dijaadikan pengganti gula yang baik bagi banyak orang, tetapi bukan berarti bisa digunakan saat memasak. Madu mentah alias madu alami mengandung gula sederhana, air, beta-karoten, vitamin C, B, D, E dan K dan beberapa mineral penting.

Menurut National Center for Biotechnology (NCBI), memanaskan madu malah membuat kualitasnya menurun dan mengurangi enzim esensial. Selain itu, memanaskan atau memasak madu juga dapat membuatnya menjadi racun, yang berdampak negatif bagi kesehatan.

2. Brokoli: Para ahli kesehatan merekomendasikan brokoli paling baik itu dikonsumsi mentah, dimasak misalnya direbus malah menghilangkan vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C dan folat.

Beberapa penelitian juga menemukan kalau brokoli yang direbus, dimasak dengan microwave, atau ditumis jadi penyebab hilangnya klorofil, zat yang menambah warna hijau alami sayuran.

3. Almond: Superfood yang punya nilai gizi tinggi, dan kacang satu ini tak boleh dipanggang sebetulnya. Sebab, almond yang dipanggang bisa jadi merusak lemak tak jenuh ganda sehat yang ada di dalamnya.ay 2023

Menurut ahli gizi Pooja Makhija, cara terbaik menikmati manfaat almond yakni cukup dengan merendam dan mengupas kulitnya. Jika memang sangat ingin memanggangnya, cukup dipanggang dengan suhu rendah.

4. Paprika: Paprika dalam sehari-hari biasanya suka dipanggang atau ditumis, sayangnya paprika yang dimasak malah jadi menghilangkan nutrisi dari paprika itu sendiri. Paprika yang sarat vitamin C, adalah nutrisi yang larut dalam air. Makanya jika ada kontak dengan panas akan mengurangi kebaikan yang ada di dalamnya.

5. Buah bit: Bit mengandung vitamin C, folat, dan beberapa nutrisi lain yang bisa hancur saat dimasak dengan api besar. Itulah kenapa ahli gizi menyarankan, buah bit harus dimakan segar dan mentah jika ingin maksimal mendapatkan manfaatnya.

 

 

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index