Kronologi Warga Tewas Tertembak Laras Panjang Polisi saat Dangdutan

Kronologi Warga Tewas Tertembak Laras Panjang Polisi saat Dangdutan
Oknum Polisi Tembak Pemuda. ©2023 Tangkap Layar Sosial Media

Riauaktual.com - Polda DI Yogyakarta masih mengusut insiden seorang warga bernama Aldi Apriyanto (19) yang tertembak oleh anggota polisi Inisial Briptu MK di Pedukuhan Wuni, Kalurahan Nglindur, Kapanewon Girisubo, Gunungkidul.

"Untuk saat ini kasus ditangani oleh Polda DIY baik itu penegakan hukum secara internal maupun pidana umum," kata Kasubbid Penmas Bid Humas Polda DIY AKBP Verena SW dalam keterangannya, Senin (15/5).

Sejalan dengan pengusutan, Verena menjelaskan kronologi kejadian berawal pada Minggu (14/5) malam hari sekitar pukul 20.30 Wib saat pengamanan acara musik Pesta Bersih Dusun.

"Sedang dilaksanakan pentas musik dalam rangka bersih dusun. Sekitar pukul 22.30 WIB terjadi keributan antar penonton," kata Verena

Lalu selang 30 menit dari keributan saat situasi para penonton pesta musik memanas. Terdengarlah ledakan senjata api dipegang oleh Briptu MK yang berada di atas panggung.

"Kemudian sekitar pukul 23.00 WIB terdengar ledakan senjata api yang disandang oleh Briptu MK, yang mengenai saudara Adi Apriyanto. Sehingga menyebabkan yang bersangkutan meninggal dunia," ucapnya sebagaimana dikutip dari Merdeka.com.

Dukuh Wuni, David Nurvianto mengatakan, Aldi merupakan salah satu panitia dalam acara tersebut. Saat kejadian, Aldi sedang dalam tugas sebagai seorang panitia.

"Semalam ada acara temu kangen dari Karangtaruna. Sekaligus juga ada bersih dusun dengan hiburan elekton campursari," kata David.

Saat acara berlangsung sempat ada kericuhan. Namun bisa dikondisikan dan situasi sudah kondusif. Kemudian, Aldi duduk di depan panggung yang merupakan area khusus untuk panitia.

"Kemudian ada suara letusan tembakan. Korban mengalami luka di bagian atas lengan tembus ke dada," ujar David.

David menambahkan, tembakan itu berasal dari salah satu anggota kepolisian yang berjaga di acara tersebut. Saat itu anggota kepolisian berada di atas panggung.

"Entah sengaja atau tidak, salah satu oknum kepolisian membawa senjata laras panjang pelatuknya tertarik. Mengenai salah satu warga saya," tegas David.

Aldi sempat dibawa ke Puskesmas. Dari Puskesmas dibawa dengan ambulan ke rumah sakit. "Korban meninggal dunia saat dibawa ke rumah sakit," katanya.

Sekedar informasi, dari video viral terlihat sejumlah warga yang hadir dalam acara tersebut seperti terlibat kericuhan di depan panggung. Dengan kondisi adanya petugas keamanan yang terdiri dari aparat TNI-POLRI di atas panggung.

Selang beberapa saat, Oknum polisi yang membawa senjata laras panjang itu pun kemudian berjongkok sambil melepaskan tembakan peringatan ke arah bawah.

"Usai terdengar letusan tersebut, korban yang saat itu berada di depan panggung langsung terkapar dan mengerang kesakitan lantaran tubuhnya terluka dan berdarah," tulis akun Instagram @merapi_uncover dalam keterangan.

"Korban akhirnya dibawa ke Puskesmas Rongkop, namun karena lukanya cukup parah, korban dilarikan ke RSUD Wonosari," lanjutnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index