KPUD Inhu Akan Sosialisasikan Sistem Informasi Pencalonan

KPUD Inhu Akan Sosialisasikan Sistem Informasi Pencalonan
kpu

INHU (RA)- KPUD Kabupaten Indragiri Hulu, akan melakukan sosialisasi Peraturan dan Sistem Informasi Pencalonan (SILON) dalam Pemilihan Bupati Indragiri Hulu pada Jumat, (29/15) yang dilaksanakan di gedung Sejuta Sungkai Rengat.

Pihak yang akan diundang dalam acara tersebut 12 partai politik setempat dan tokoh masyarakat serta tokoh agama. Selain itu juga akan dihadiri di antaranya anggota Panwaskab Inhu.

Ketua KPU Inhu, M Amin mengungkapkan sosialisasi dilakukan untuk menyamakan persepsi dengan partai politik tentang pendaftarani calon bupati Inhu. Salah satunya terkait perubahan peraturan KPU dan infomasi terbaru terhadap aturan-aturan Pemilihan Bupati Ini.

"Selain itu, kami sosialisasikan Sistem Informasi Pencalonan (SILON) yang merupakan sistem baru dalam pendaftaran bakal calon legislatif," katanya.

SILON, menurut alumni Universitas Lancang Kuning ini, merupakan sistem informasi yang dirancang sedemikian rupa dan sebagai bank data dalam proses pencalonan bakal calon legislatif. "Dengan SILON semua data bisa diimplikasikan secara mudah baik oleh bakal calon bupati atau KPU," ungkapnya.

Sistem SILON banyak mempunyai manfaat dan kelebihan. Termasuk dapat pula mengantisipasi pencalonan ganda oleh bakal calon legslatif dan memback-up file-file agar tidak sampai hilang.

Amin juga menyebut sistem SILON dapat memudahkan verifikasi bakal calon bupati karena datanya sudah tersimpan dalam komputer. "Dalam software SILON petugas entry data cukup mengisi beberapa blanko formulir pendaftaran yang tersedia dan akan mempermudah partai atau calon untuk melakukan pendaftaran," tuturnya.

Ditambahkan komisioner KPU bidang sosialisasi Dwi Afriansyah, untuk pelaksanaan Pilbup ini KPU Inhu telah mengusung Motto Wujudkan Pemilihan Bupati "Bersahaja". "Bersahaja artinya berintegritas, santun, amanah, bersih, aman, jujur dan Adil," jelasnya.

 

Laporan : romg

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index