Gunakan Bankeu Pemprov Riau, Perbaikan Jalan Parit Indah akan Ada Pengalihan Arus Lalin

Gunakan Bankeu Pemprov Riau, Perbaikan Jalan Parit Indah akan Ada Pengalihan Arus Lalin
Ilustrasi perbaikan jalan di Kota Pekanbaru

Riauaktual.com - Pemerintah Kota Pekanbaru mulai pekan depan akan melakukan perbaikan jalan Parit Indah yang mengalami rusak cukup parah. Anggaran perbaikan jalan tersebut berasal dari Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi Riau.

Plt Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan jika tidak ada halangan perebaikan jalan tersebut akan dimulai pada pekan depan menyusul telah adanya pemenang lelang dan telah dilakukannya penandatanganan SPPBJ (Surat Penunjukan Penyedia Barang dan Jasa).

Nantinya dalam pengerjaannya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub), khususnya dalam pengalihan arus lalu lintas (Lalin). "Saat sudah dimulai pengerjaan jalan, kita nanti ada pengalihan lalu lintas yang akan dibuatkan oleh Dishub," ujar  Edward Riansyah, Sabtu (29/4/2023).

Ia mengatakan pihaknya juga akan melakukan rapat bersama dengan Dinas Perhubungan terkait hal ini. "Minggu depan kita sekalian rapat dengan Dishub terkait metode pengalihan lalu lintasnya. Jadi memang untuk lalu lintasnya akan dibantu oleh Dinas Perhubungan. Kita akan komunikasikan dan akan kita sampaikan hasil lapangan ke Dinas Perhubungan," sebutnya.

Untuk diketahui setelah menunggu lama akhirnya perbaikan Jalan Parit Indah akan segera dilakukan. Jika tidak ada halangan pekan depan pekerjaan sudah berangsur dilakukan.

Sebelumnya Edward Riansyah mengatakan panjang jalan Parit Indah yang akan dioverlay lebih kurang 2 Kilometer. Untuk penanganan ada tiga angka, untuk yang pertama itu 1.680 x 11 Meter untuk yang dari Jalan Sudirman, kemudian ada yang 318 x 6 Meter dan selanjutnya 50x7.5 Meter.

"Jadi penanganan itu kita selesaikan sampai jembatan yang dekat pengadilan. Sama seperti yang di Suka Karya, kalau ada spot yang (bagus) maka dilewatkan sedikit, biar bisa diselesaikan sampai perbatasan jembatan itu. Kalau totalnya itu lebih kurang 2 Km. Makanya minggu depan kita cek lapangan untuk memastikannya lagi," sebutnya. "Untuk pagu anggaran Rp5,3 miliar," pungkasnya.

Sebagai informasi, tahun ini Pemerintah Provisi (Pemprov) Riau mengalokasikan dana bantuan keuangan (Bankeu) untuk perbaikan jalan rusak yang ada di Kota Pekanbaru. Untuk perbaikan jalan tersebut, Pemko Pekanbaru akan mendapat bantuan dari provinsi sebesar Rp13 miliar.

Anggaran tersebut bukan hanya untuk jalan Parit Indah, namun juga digunakan untuk perbaikan ruas jalan lainnya. Ruas jalan tersebut diantaranya Jalan Firdaus, Jalan Tanjung, kemudian Jalan Pemuda, Tampan di Kecamatan Payung Sekaki.

Selain bantuan dari Bankeu provinsi, Pemerintah Kota Pekanbaru juga akan melakukan overlay tiga ruas jalan tahun ini. Tiga jalan itu yakni Jalan Suka Karya, Delima dan Dahlia.

Tiga ruas itu diperbaiki dengan menggunakan anggaran Pemko Pekanbaru melalui Dinas PUPR. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index