Berangkat Akhir Mei, 549 JCH Asal Pekanbaru Sudah Divaksin Meningitis

Berangkat Akhir Mei, 549 JCH Asal Pekanbaru Sudah Divaksin Meningitis
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih

Riauaktual.com - Ratusan jemaah calon haji (JCH) tuntas melakukan vaksinasi Meningitis di Puskesmas Simpang Tiga. Usai vaksinasi ini, para JCH akan bersiap berangkat ke Tanah Suci Mekkah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, total ada 549 orang JCH yang menjalani vaksinasi Meningitis. Pelaksanaan vaksinasi tersebut dilaksanakan selama 5 hari terhitung 11-15 April.

"Kami telah menyelesaikan vaksinasi Meningitis untuk para JCH bertempat di Puskesmas Simpang Tiga," kata Zaini Rizaldy Saragih, Minggu (16/4/2023).

Ia menuturkan, selama proses vaksinasi tidak ada kendala yang berarti. Pelaksanaan vaksinasi oleh tenaga kesehatan bagi JCH berjalan lancar. Zaini berharap, semoga para JCH ini mendapat kesehatan selama melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci.

Sebanyak 970 jemaah calon haji (JCH) asal Kota Pekanbaru akan berangkat pada pekan keempat bulan Mei 2023 nanti. Hal-hal teknis telah dibahas Pemko Pekanbaru bersama Pemprov Riau dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag).

Ditambahkan Asisten I Sekdako Pekanbaru Masykur Tarmizi, bahwa jumlah JCH asal Pekanbaru sebanyak 970 orang. Rinciannya, sebanyak 925 orang kuota yang ditetapkan dan lansia 45 orang.

"Satu kloter sekitar 370 orang. Jadi, ada dua kloter lebih dari Pekanbaru yang akan naik haji," jelas Masykur.

Nantinya, JCH direncanakan masuk asrama pada 23 Mei 2023 secara nasional. Pemko belum bisa memastikan JCH Riau, termasuk Pekanbaru, masuk rombongan ini.

Pada 24 Mei, kloter pertama berangkat ke Madinah. JCH berangkat dari Pekanbaru ke Batam untuk transit. Kemudian, JCH langsung diterbangkan dari Batam ke Madinah atau Jeddah. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index