H Sukiman Resmikan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Kabupaten Rokan Hulu

H Sukiman Resmikan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Kabupaten Rokan Hulu

Riauaktual.com - Bersama Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Muhammad Syarief Bando dan Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Dra. Mimi Yuliani N Apt, MM Bupati Rokan Hulu, H Sukiman resmikan gedung fasilitas layanan Perpustakaan Kabupaten Rokan Hulu, Kamis (16/03).

Turut hadir dalam acara, Sekretaris Daerah Setdakab Rohul,Muhammad Zaki SSTP M.Si, Kapolres Rokan Hulu, AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, Dandim 0313/KPR Letkol Arh Muliyadi S.I.P yang diwakili Danramil 14 Kepenuhan Kapten Arh Khoridon Sitio, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rokan Hulu, Ir H Muhammad Ruslan dan beberapa Kepala Dinas maupun Badan di Lingkungan Pemkab Rohul lainnya.

Peresmian gedung fasilitas layanan Perpustakaan Kabupaten Rokan Hulu dibuktikan dengan pengguntingan pita oleh Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Dra. Mimi Yuliani N Apt, MM serta penandatanganan prasasti oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Muhammad Syarief Bando dan Bupati Rokan Hulu, H Sukiman.

Dalam kata sambutan Bupati, H Sukiman mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden Ir H Joko Widodo melalui kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, mengalokasikan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2022 yang dipergunakan untuk pembangunan gedung fasilitas layanan perpustakaan Kabupaten Rokan Hulu.

“Diharapkan perpustakaan ini nantinya dapat menjadi salah satu sumber bacaan yang baik untuk membangun masyarakat yang berpengetahuan, inovatif, kreatif dan berkualitas,” kata Bupati.

Selain daripada itu, kehadiran gedung baru perpustakaan Kabupaten Rokan Hulu ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat dan sekaligus menjadi tempat lahirnya generasi muda yang enerjik, berkualitas dan memiliki karakter yang lebih baik dalam rangka mewujudkan sumber daya informasi yang unggul untuk Rokan Hulu maju.

Sementara itu, Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rokan Hulu, Ir H Muhammad Ruslan dalam kata sambutannya mengaku Pelaksanaan Perencanaan (DED) Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Rokan Hulu telah dimulai sejak tahun 2020 melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (PERKIM) Kabupaten Rokan Hulu melalui dana APBD Rokan Hulu.

“Dan pada tahun 2022 yang lalu, Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah yang bersumber melalui dana DAK melalui Subbid Perpustakaan tahun Anggaran 2022 mendapat Alokasi bantuan sebesar Rp 8,3 Miliyar dari Perpusnas RI,” jelasnya.

Dijelaskan pria yang akran disapa Ruslan tersebut tersebut, Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Rokan Hulu ini dibangun di lahan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu, di atas tanah seluas lebih kurang 10.800 M² yang sudah diperuntukkan oleh Bupati Rokan Hulu,” jelasnya.

pada kesempatan yang sama, juga dilaksanakan kegiatan, seminar, talkshow peningkatan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan di Kabupaten Rokan Hulu.

Sebagai informasi, baru-baru ini Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu juga menerima penghargaan peringkat pertama Daerah terbaik pelaksanaan DAK fisik subbidang Perpustakaan daerah tahun 2022 yang diserahkan sertifikatnya pada saat Rakor Perpustakaan se-Indonesia.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index