Berpuasa di Bulan Ramadan Bermanfaat Bagi Sel Otak

Berpuasa di Bulan Ramadan Bermanfaat Bagi Sel Otak
Ilustrasi sel. Foto: pixabay.com

Riauaktual.com - Ramadan merupakan bulan mulia yang memiliki banyak keutamaan dari bulan-bulan lainnya. Maka dari itu, Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh kaum muslimin di seluruh dunia.

Selain memperoleh keberkahan terhadap jiwa, berpuasa di bulan Ramadan juga diketahui memiliki manfaat bagi tubuh.

Menurut Guru Besar Ilmu Bedah Saraf Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Ridha Dharmajaya, menjelaskan bahwa puasa di bulan Ramadan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama bagi sel otak, di antaranya:

1. Meningkatkan daya ingat
Berpuasa 12-36 jam akan menjadikan keton sebagai sumber energi utama bagi tubuh terutama otak menggantikan glukosa. Keton memiliki manfaat lebih untuk peningkatan fungsi otak. Keton secara biokimia akan menghasilkan BHB (Beta-Hydoxybutyrat) zat yang akan memproduksi BDNF (Brain Derived Neutrophic Factor) yang berfungsi untuk meningkatkan sinyal memori pada otak.

2.Mampu mengatasi stres dengan lebih baik
Saat berpuasa, terjadi regenerasi sel di dalam tubuh dengan lebih baik, sehingga akan meningkatkan proses penanganan stres yang muncul sehari-hari. BDNF akan mengaktifkan jalur sinyal saraf yang merespon stres di otak.

3. Meregenerasi sel otak
Perubahan suasana otak pada orang yang berpuasa akan memicu proses autofagi yaitu proses sel otak untuk memperbaiki sel yang rusak. Tubuh menghilangkan sel yang rusak dan akan menggantikan dengan sel baru sehingga fungsi dan struktur otak akan teregenerasi secara kontinu.

4. Mencegah penyakit stroke dan degeneratif lain
Puasa akan membantu mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah. Hal ini secara tidak langsung akan mencegah penyakit stroke otak dan penyakit degeneratif lain seperti alzheimer.

“Jika kita menjalankan puasa dengan tepat, maka banyak manfaat kesehatan yang akan didapat, terutama bagi jaringan otak kita,” ungkap Prof. Ridha, Akademisi yang juga inisiator Gerakan Gadget Sehat.

 

 

Sumber: Pojoksatu.id

Berita Lainnya

index