Berikut 5 Cara Hilangkan Kantung Mata Paling Efektif

Berikut 5 Cara Hilangkan Kantung Mata Paling Efektif
Mata Panda. (Foto: Shutterstock)

Riauaktual.com - KURANG tidur memang akan berdampak pada kesehatan kita. Selain itu, kurang tidur juga dapat merusak penampilan kita loh. Salah satunya adalah karena adanya kantung mata atau mungkin mata panda akibat kurang tidur.

Secara umum kantung mata atau bengkak ini terbentuk dari kebiasaan tidur yang tidak baik. Kantung mata ini pun akan menghadirkan mata panda, yang tentu saja buruk dari segi estetik.

"Mencegah mata bengkak sama pentingnya dengan mengurangi lingkaran hitam. Mulailah dengan tidur nyenyak selama 7 hingga 9 jam setiap malam," keterangan dalam WebMD.

Beragam cara untuk mengencangkan kantung mata, mulai dari alami sampai tindakan medis yaitu operasi. Melansir dari Healthline, penyebab umum dari kantung mata termasuk: alergi, eksim, kelelahan kronis, masalah pigmentasi, paparan sinar matahari dan penuaan.

Lalu bagaimana cara mengencangkan kantung mata? Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

Kantong teh

Gunakan kantong teh buat mata, kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit Anda. Itu juga dikatakan melindungi dari sinar UV, dan berpotensi memperlambat proses penuaan.

Tabir Surya

Pemakaian tabir surya dapat melindungi kulit Anda dari sinar matahari dapat membantu sejumlah masalah dermatologis, seperti: penuaan dini, kanker kuli, perubahan warna. Akibatnya, memakai tabir surya juga dapat membantu mengatasi kantung mata dan lingkaran hitam.

"American Academy of Dermatology menyarankan agar semua orang memakai tabir surya. Perlindungan spektrum luas terhadap sinar UVA dan UVB penting. Begitu juga memilih formula yang SPF 30 atau lebih tinggi dan tahan air," demikian dilansir dari Healthline.

Kompres Dingin

Mengompres mata dengan air dingin dapat membantu pembuluh darah menyempit dengan cepat untuk bantuan sementara. Meskipun Anda dapat membeli kompres dingin di toko, metode do-it-yourself juga bisa berhasil.

Terapi laser

Cara medis pertama ini, termasuk pelapisan ulang dengan laser, pengelupasan dan pengisi bahan kimia, yang dapat memperbaiki warna kulit, mengencangkan kulit (kantung mata), dan meremajakan area bawah mata. Perlu diingat, tindakan terapi harus dikonsultasikan sama ahlinya.

Operasi

Tergantung pada penyebab kantong di bawah mata, operasi kelopak mata (blepharoplasty) bisa menjadi pilihan untuk mengencangkan kantung mata. Dokter bedah akan menyesuaikan blepharoplasty dengan anatomi dan kebutuhan, tetapi secara umum prosedur ini, melibatkan pembuangan lemak berlebih melalui sayatan di lipatan alami kelopak mata atas atau di dalam kelopak bawah.

 

 

 

Sumber: Okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index