Pemko Kucurkan Rp2,4 Miliar Bangun Kios Pedagang Pasar Cik Puan

Pemko Kucurkan Rp2,4 Miliar Bangun Kios Pedagang Pasar Cik Puan
Tim Labfor Polda Riau tengah melakukan olah TKP di Pasar Cik Puan. (RA1)

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru segera kucurkan anggaran pembangunan kios sementara pedagang korban kebakaran Pasar Cik Puan. Pemko Pekanbaru mengambil sumber anggaran dari Belanja Tak Terduga (BTT) tahun 2023.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, anggaran untuk pembangunan kios ini mencapai Rp2,4 miliar. Pemko Pekanbaru segera melakukan pergeseran anggaran dari APBD murni ke BTT agar segera dicairkan.

"Sekarang tinggal teknis saja antara Dinas Perindag dan BPKAD untuk segera melakukan pergeseran anggaran untuk menangani kios Pasar Cik Puan," kata Indra Pomi Nasution, Kamis (9/3).

Menurutnya, pemerintah kota sudah melakukan rapat percepatan pembangunan kios sementara Pasar Cik Puan. Pemerintah bertanggungjawab untuk kembali membangun kios pedagang korban kebakaran.

Mereka juga telah membuat konsep untuk pedagang korban kebakaran bisa kembali berjualan. Kios sementara pedagang bakal dibangun kembali di lokasi kebakaran kemarin.

"Pak walikota juga sudah setuju sudah acc untuk menggunakan BTT dalam membangun kios sementara pedagang. Jadi sekarang tinggal teknis di lapangan saja," jelasnya.

Pemerintah kota menargetkan kios sementara pedagang ini bisa rampung sebelum bulan Ramadhan. Ada 400 kios yang bakal dibangun kembali. Indra berharap agar pekerjaan pembangunan ini bisa segera dilakukan mengingat sejumlah pedagang belum bisa berjualan pasca peristiwa kebakaran.

Sebagian pedagang saat ini juga telah menghuni tempat penampungan sementara yang disediakan pemerintah kota. Lokasinya berada pada bangunan baru Pasar Cik Puan yang terbengkalai. Bangunan ini berada tepat disamping lokasi kios yang terbakar. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index