Diskes Pekanbaru Minta Tambah 5 Ambulans Untuk Tahun Depan

Diskes Pekanbaru Minta Tambah 5 Ambulans Untuk Tahun Depan
Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih

Riauaktual.com - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mengajukan penambahan lima unit ambulans untuk tahun 2024. Ambulans ini nantinya bakal disiagakan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Pasalnya, tahun ini terdata bahwa Kota Pekanbaru masih kekurangan ambulans jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Pekanbaru dan jumlah Ambulans yang beroperasi selama ini.

Hal ini disampaikan Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih, Selasa (7/3/2023). Menurutnya, idealnya jumlah ambulans di Pekanbaru saat ini, minimal adalah 36 unit dengan jumlah penduduk Pekanbaru diangka 1,1 juta jiwa.

"Berdasarkan jumlah penduduk kita, seharusnya satu Puskesmas itu mengcover sekitar 30.000 penduduk. Jadi harusnya ada 36 ambulans, yakni masing-masing Puskesmas punya satu unit," kata Zaini Rizaldy Saragih.

Namun, saat ini Pemko Pekanbaru bahkan belum memiliki ambulans disetiap Puskesmas. Sedangkan jumlah ambulans yang beroperasi juga mencakup sebagai Puskesmas Keliling (Puskel).

"Harusnya ada satu unit Puskel dan satu unit ambulans setiap Puskesmas. Jadi begitu ada warga yang perlu segera dirujuk, bisa segera jalan ambulansnya. Sementara saat ini kita selalu dibantu oleh instansi lain," jelasnya.

Oleh karenanya, ia berharap nantinya usulan anggaran tersebut dapat disetujui. Dimana satu unit ambulans diperkirakan bernilai Rp500 juta.

"Kita harap ini akan segera disetujui nantinya. Untuk menambah ambulans kita. Kemudian, ambulansnya itukan minimal perlima tahun harus di servis," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index