Survei PSI: Masyarakat Puas Kinerja Jokowi dan Polri, Elektabilitas Airlangga Tertinggi

Survei PSI: Masyarakat Puas Kinerja Jokowi dan Polri, Elektabilitas Airlangga Tertinggi

Riauaktual.com - Hasil survei Panel Survei Indonesia (PSI) periode 21 Februari-3 Maret 2023 menunjukkan persepsi masyarakat terhadap tingkat kepercayaan publik terhadap penegakan hukum di era pemerintahan Jokowi saat ini sangat bisa dipercaya.

Sebanyak 82,8 persen responden berpersepsi penegakan hukum oleh institusi hukum di era Jokowi sangat dipercaya oleh masyarakat untuk memberikan rasa keadilan bagi pencari keadilan. Sementara 12,6 persen responden menilai kategori buruk dan sangat buruk, serta 4,6 persen responden tidak menjawab.

Direktur Eksekutif PSI, Ahmad Loksukon mengatakan, terkait keikutsertaan institusi Polri dalam menanggulangi wabah Covid-19 hingga pulihnya ekonomi masyarakat akibat dampak Covid-19.

Menurut Ahmad Loksukon, masyarakat sangat puas dengan kinerja Polri dalam turut serta penanggulangan Covid-19,  sebanyak 89,7 persen responden menyatakan peran Polri sangat besar dalam penanggulangan dan pencegahan Covid-19 di masyarakat sehingga membawa impact besar terhadap pulihnya kehidupan sosial ekonomi masyarakat. 
Sementara itu, sebanyak 10,3 persen tidak memberikan penilaian.

Dikatakan Ahmad Loksukon kinerja Polri dalam persepsi masyarakat sangat bisa dipercaya dan memuaskan, ini memang tak lepas dari keberhasilan Kapolri dalam memimpin institusi Polri dalam memperbaiki citra kepolisian dan menguatkan soliditas internal dan meningkatkan pelayanan ke masyarakat. Kemudian Komitmen Kapolri Jendral Listyo Sigit yang mengaku tak segan mencopot jajarannya yang membelot dan tak patuh terhadap agenda perbaikan institusi yang dia pimpin.

"Terhadap yang tidak mampu, tidak bisa ikut gerbong, tidak bisa ikut barisan ya silakan keluar, atau kita potong," ujarnya.

Berkaca dari kasus Ferdy Sambo dan Teddy Minahasa, Kapolri pun mewanti-wanti jajarannya tunduk terhadap etika kepolisian, memahami apa saja yang boleh dilakukan, dan hal-hal apa yang dilarang.

Terkait kepuasan masyarakat terhadap kinerja pengelolaan ekonomi pada pemerintahan Jokowi, sebagian besar masyarakat dalam survei ini juga merasa puas dengan pulihnya perekonomian nasional. Sebanyak 82,8 persen responden menyatakan puas dan sebanyak 17,2 persen menyatakan tidak puas dan tidak memberikan jawaban.

Sementara itu, Pengamat Politik dan juga Dosen Ilmu Pemerintahan Fisip Untirta, M Dian Hikmawan menilai survei Panel Survei Indonesia terkait kinerja Polri dalam membantu penanggulangan Covid-19 yang mendapat apresiasi dari masyarakat, sebagai bukti bahwa Polri telah bekerja dengan baik dalam membantu penanganan permasalahan Covid-19.

"Survei PSI itu bukti bahwa masyarakat yang melihat kinerja Polri sebagai institusi yang berhasil dalam membantu pemerintah menangani Covid-19," ujar M Dian.

Selain itu, kata Dian, selama pemerintahan Presiden Jokowi, Polri telah bekerja dengan baik dalam mengatasi keamanan dan persoalan hukum di Inonesia. Hal itu terbukti dari banyaknya persoalan yang telah diselesaikan oleh Polri dalam penegakan hukum di masyarakat.

"Bukti Polri di era pemerintahan Jokowi telah bekerja baik dalam mengatasi masalah hukum," ujarnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index