Diskes Sasar 95.000 Anak di Pekanbaru Jalani Imunisasi Polio

Diskes Sasar 95.000 Anak di Pekanbaru Jalani Imunisasi Polio
Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldi

Riauaktual.com - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mencatat ada sekitar 95.000 anak di Pekanbaru yang akan menjadi sasaran imunisasi polio. Anak dengan umur 0-59 bulan menjadi sasaran imunisasi.

Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldi mengatakan, meski sejauh ini belum ditemukan kasus polio di Pekanbaru namun crash program polio tetap harus dilakukan.

"Karena kasus yang sama sudah terjadi di Aceh dengan status Kejadian Luar Biasa atau KLB," ujarnya, Jumat (3/3/2023).

Zaini menambahkan dari 95.000 sasaran, ditargetkan selama 12 hari mulai dari tanggal 6 Maret ini, 95persen anak diantaranya mendapatkan imunisasi polio.

Guna meningkatkan partisipasi orang tua agar mengikut-sertakan anaknya untuk mendapatkan imunisasi polio, menurut Zaini  sosialiasi ke masyarakat terus digencarkan.

Disamping juga camat dan lurah diharapkan berperan dalam meneruskan informasi mengenai imunisasi polio ke masyarakat.

Selain itu, Dinas Kesehatan lanjut Zaini juga akan menyisir keberadaan anak yang tidak terdaftar di posyandu untuk bisa di imunisasi langsung oleh petugas. Lebih lanjut, untuk pencanangan crash program polio di Pekanbaru sendiri, menurut Zaini dalam perencanaan.

"Kemungkinan akan digelar dalam waktu dekat," terang Zaini.

Crash Program Polio adalah bentuk respon untuk mencegah terjadinya KLB polio dengan memberikan imunisasi polio kepada seluruh sasaran anak yang berusia 0-59 bulan (balita) tanpa memandang apakah anak itu sudah atau belum pernah diimunisasi polio.

Metode crash program ini adalah dengan pemberian polio tetes untuk seluruh anak yang berusia 0-4 bulan dan pemberian polio suntik ditambah polio tetes untuk seluruh anak yang berusia 4-59 bulan. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index