Razia Peti, Polres Inhu Bakar 66 Rakit dan Mesin Penambang

Razia Peti, Polres Inhu Bakar 66 Rakit dan Mesin Penambang
Razia Peti, Polres Inhu

Riauaktual.com - Maraknya aktivitas penambang emas tanpa izin (Peti) membuat Kapolres Indragiri Hulu (Inhu), AKBP Doddy Wirawijaya turunkan tim gabungan untuk menertibkan kegiatan tersebut.

Dimana kegiatan penertiban Peti langsung dipimpin AKBP Doddy Wirawijaya di Kecamatan Peranap, Kabupaten Inhu, Rabu (22/2/2023) sekitar pukul 14.00 WIB.

"Kemarin kita lakukan penertiban Peti di Kecamatan Peranap tepatnya di Areal PT Bukit Asam, Desa Semelinang Tebing. Personel dilibatkan sebanyak 65 orang," katanya, Kamis (23/2/2023) pagi.

Adapun personel gabungan yang dilibatkan kata Doddy Wirawijaya yakni satuan Polres Inhu, Polsek Peranap, Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten (DLHK) Inhu.

Sementara saat dikonfirmasi terpisah PS Kasubsi Penmas Polres Inhu, Aipda Misran menjelaskan, selain menertibkan aktivitas Peti tim gabungan juga memusnahkan alat Peti.

"Selain menertibkan, tim gabungan juga memusnahkan sebanyak 66 unit bocai atau rakit yang digunakan untuk menambang dengan cara dibakar serta merusak mesin. Hal itu disaksikan Kepala Desa setempat dan perangkatnya," ungkap Misran.

Dijelaskan Misran, untuk menuju lokasi tambang liar itu, personel gabungan harus berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer.

"Jarak tempuh kelokasi 1,5 kilometer. Sebab tidak ada akses kendaraan roda empat kelokasi tambang. Namun sayang, ketika tim tiba di lokasi, para penambang melarikan diri kedalam hutan dan semak belukar meski sudah diburu," sambungnya.

Selain musnahkan 66 unit bocai, diamankan juga 4 unit sepeda motor yang digunakan penambang sarta peralatan untuk membuat bocai atau rakit, serta barang lainnya sebagai bukti tindak pidana penambangan liar.

"Aktivitas Peti ini terungkap berdasarkan hasil penyelidikan Satreskrim Polres Inhu, lalu Kapolres Inhu instruksikan tim untuk turun kelapangan. Kasus ini terus ditindaklanjuti, pelaku yang terlibat masih terus diburu," tutup Misran.

Kegiatan itu juga diikuti Kasat Reskrim Polres Inhu, Kasat Binmas Polres Inhu, Kasat Sabhara Polres Inhu, Kapolsek Peranap, Danramil 05 Peranap, Danton Satpol PP Inhu, perwakilan Kepala DLHK Inhu, Kades Semelinang Tebing dan lainnya.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index