Berikut 5 Langkah Menghilangkan Lemak Perut Menggelambir pada Pria

Berikut 5 Langkah Menghilangkan Lemak Perut Menggelambir pada Pria
Ilustrasi obesitas. © thesun.co.uk

Riauaktual.com - Seiring bertambahnya usia pria, bukan hanya pengalaman dan pengetahuan saja yang bertambah dan menumpuk. Kumpulan gelambir lemak di perut juga bisa menumpuk dan bertambah besar.

Banyak yang berseloroh bahwa perut yang besar ini bisa menjadi daya tarik bagi pria berumur. Walau begitu, sebenarnya dari gelambir lemak di perut ini lebih besar peluang penyakit yang datang dibanding dengan datangnya lawan jenis.

Pada pria, gelambir lemak di perut ini sebenarnya cukup berbahaya dan bisa meningkatkan risiko sejumlah penyakit. Keberadaan lemak di perut ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, masalah hati, sejumlah jenis kanker, asma, demensia, bahkan bisa menyebabkan kematian tiba-tiba.

Hal yang penting dalam mengecilkan perut ini adalah dengan berolahraga dan memiliki gaya hidup aktif. Namun, itu saja tidaklah cukup dan butuh sejumlah langkah tertentu dalam melakukannya.

Sejumlah cara perlu dilakukan untuk menghilangkan lemak perut yang menggelambir pada pria ini. Dilansir dari Fatherly, berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lemak perut menggelambir pada pria.

Perhatikan Kalori yang Masuk dan Keluar

Jumlah asupan kalori yang kamu konsumsi perlu sangat diperhatikan jika kamu berusaha mengecilkan perut. Konsumsi makanan tinggi kalori yang kamu lakukan perlu disadari dan diperhatikan. Aktivitas yang kamu lakukan dalam membakar kalori ini juga perlu diperhatikan agar jumlah kalori yang masuk tidak jauh melebihi kalori yang keluar.

Kamu bisa konsultasi lebih dahulu dengan pakar nutrisi untuk mengetahui berapa kebutuhan nutrisi harianmu. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan kalori harian, kamu juga perlu mengonsumsi makanan sehat terutama kebutuhan nutrisi harian serta buah dan sayur.

Jangan Lupa Sarapan

Banyak orang berusaha untuk menurunkan berat badan dengan cara tidak sarapan. Walau begitu, sejumlah penelitian ternyata mengungkap bahwa sarapan ternyata bisa membantu mencegah bertambahnya berat badan.

Sarapan penting dalam menurunkan berat badan karena bisa membuatmu merasa kenyang sepanjang hari serta mencegah kamu makan sembarangan. Konsumsi protein di pagi hari juga bisa meningkatkan metabolisme sehingga berat badan lebih cepat terbakar dan berkurang.

Pilih Olahraga yang Tepat

Olahraga yang tepat penting dilakukan dalam membakar lemak di perut. Kamu bisa melakukan HIIT atau high-intensity interval training berupa sprint, lompat tali, jumping jacks, atau olahraga kardio lain selama 30 hingga 60 detik dan disertai dengan waktu yang tepat untuk beristirahat.

Untuk memperoleh hasil yang tepat, kamu bisa mengulang siklus olahraga ini sebanyak 6 hingga 8 kali. Jenis olahraga ini bisa membuat detak jantung meningkat secara cepat sehingga kalori lebih cepat terbakar serta memperkuat jantung dan paru-paru.

Memperkuat Otot Perut

Jenis olahraga yang dilakukan tadi adalah untuk membakar lemak di tubuh secara keseluruhan. Langkah selanjutnya atau yang bisa dilakukan secara bersamaan adalah dengan memperkuat otot perut atau mengubah lemak di dalamnya menjadi otot.

Memperkuat otot perut ini bisa membuat lemak yang sudah dibakar tadi menjadi lebih ramping dengan mengubahnya menjadi otot. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan sit up atau crunches serta plank untuk membuat otot perut lebih kuat dan cepat terbakar.

Lakukan Burpee

Jenis olahraga lain yang juga bisa dilakukan untuk mengecilkan otot perut adalah burpee. Burpee mengombinasikan aktivitas aerobik dengan membentuk otot perut sehingga sangat cocok untuk mengecilkan otot perut yang menggelambir.

Sejumlah cara tersebut bisa dilakukan bersamaan untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan gelambir lemak di perut secara cepat. Selain bisa membuat penampilan lebih baik, perut yang lebih kecil juga bisa mencegah sejumlah masalah kesehatan yang mungkin muncul.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index