Sapi di Lubuk Dalam Diduga Dimangsa Harimau, KSDA Riau Pasang Box Trap dan Kamera Trap

Sapi di Lubuk Dalam Diduga Dimangsa Harimau, KSDA Riau Pasang Box Trap dan Kamera Trap
Tim memasang box trap di lokasi temuan bangkai sapi. (RA1)

Riauaktual.com - Balai Besar KSDA Riau masih tengah menyelidiki temuan bangkai sapi yang hanya tinggal setengah di Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak.

Bangkai sapi tersebut diduga dimangsa satwa Harimau Sumatera. Tidak hanya satu, ada dua hewan ternak warga yang dimangsa oleh satwa dilindungi itu.

“Kita memasang box trap dan dua kamera trap di lokasi dan sekaligus sapi yang dimangsa dijadikan umpan,” kata Plh Kabid Wilayah II BBKSDA Riau Hartono, Rabu (6/2).

Dugaan dimangsa satwa harimau pun tak ditampik, hasil obeservasi dilapangan pun ada temuan jejak yang mengarah ke satwa endemik pulau sumatera itu.

Disekitaran lokasi temuan bangkai sapi itu ditemukan jejak harimau berukuran 13 cm. Jejak ini juga ditemukan dilokasi kemunculan satwa harimau sebelumnya di Kota Siak.

"Identifikasi dari jejak yang diduga sama dengan yang ditemukan sebelumnya. Artinya ada dugaan itu individu yang sama dengan mulai dari Siak dan Lubuk Dalam,” kata Hartono.

Tim dari BBKSDA Riau pun masih melakukan pemantauan dan menyelidiki lebih jauh untuk membuktikan dugaan itu. Dan akan akan menambah kamera trap serta pemantauan lewat kamere drone.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index