Jangan Sampai Ditilang, Penindakan Ops Keselamatan Lancang Kuning 2023 Bersifat Mobile dan Statis

Jangan Sampai Ditilang, Penindakan Ops Keselamatan Lancang Kuning 2023 Bersifat Mobile dan Statis
Personel Satlantas Polresta Pekanbaru menilang salah satu pengendara motor. (RA1)

Riauaktual.com - Tinggal hitungan hari lagi, polisi akan melakukan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023. Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari lamanya, Sabtu (4/2/2023).

Dimulai tepatnya pada Selasa (7/2/2023) hingga berakhir pada Senin (20/2/2023). Sasaran utamanya ialah pengguna jalan yang secara kasat mata melakukan pelanggaran lalu lintas.

Kasatlantas Polresta Pekanbaru Kompol Birgitta Atvia Wijayanti menyampaikan bahwa personel nantinya akan berkeliling di jalan Kota Pekanbaru dan ada juga personel disiagakan dibeberapa titik.

"Dilakukan mobile dan statis, dengan arahan pimpinan dan melibatkan satgas lain akan menyampaikan hasil deteksi mereka," kata Kompol Birgitta.

Untuk itu, pengguna jalan baik itu pengendara roda dua maupun pengemudi mobil untuk mematuhi aturan lalu lintas jika tidak ingin ditindak oleh petugas operasi nantinya.

Adapun sasaran dalam operasi kali ini ialah pelanggaran yang kasat mata dan berpotensi terhadap tingkat fatalitas korban kecelakaan.

Lalu pengendara tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus lalu lintas, menggunakan knalpot brong, berboncengan lebih dari satu, berkendara melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah umur, berkendara di bawah pengaruh alkohol dan menggunakan handphone saat berkendara.

"Operasi ini akan mengedepankan kegiatan Preemtif, Preventif dan Penegakan hukum secara humanis dan persuasif," urainya

"Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan harapan dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas," katanya menyudahi.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index