Beruang Masuk Area Perkebunan Warga di Rohil : Cari Makan

Beruang Masuk Area Perkebunan Warga di Rohil : Cari Makan
Tangkapan layar. (Istimewa)

Riauaktual.com-Satwa Beruang menampakan diri diareal perkebunan milik warga Kelurahan Sedingin Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir sejak beberapa waktu lalu, Jumat (3/2/2023).

Hal itu diketahui setelah adanya hasil. rekaman CCTv yang menyebar di media sosial. Tampak dalam rekaman video itu, satwa beruang lalu lalang diperkebunan warga.

Balai BKSDAProvinsi Riau telah menerima laporan akan interaksi negatif satwa tersebut dan telah melakukan observasi sebagai upaya mitigasi konflik itu.

"Kita lakukan sosialisai bersama aparat pemerintah desa memberikan pemahaman ke warga untuk tidak berlaku anarkis kepada beruang karena merupakan hewan yang dilindungi," kata Plh Kepala BBSKDA Riau Hartono.

Dari hasil observasi timnya, areal kemunculan satwa beruang itu berada di kawasan kebun karet dan kebun sawit milik masyarakat dan sedang mencari makanan.

“Areal di lokasi kemunculan beruang adalah kebun karet dan sawit milik masyarakat. Berdasarkan pemantauan, beruang itu mencari pakan, artinya sumber pakan di kawasan hutan sudah sulit ditemui,” paparnya.

Selama tiga hari satwa tersebut menampakkan diri di perkebunan itu, kemunculannya hanya sebab ingin mencari makan.

“Baru tiga hari selama tim dilapangan itu beruang keluar masuk perkebunan masyakatat, dari pengamantan itu beruang sudah dewasa,” pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index