Capaian Diangka 2 Persen, Minat Masyarakat Pekanbaru Untuk Vaksin Booster Masih Minim

Capaian Diangka 2 Persen, Minat Masyarakat Pekanbaru Untuk Vaksin Booster Masih Minim
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih melakukan upaya vaksinasi covid-19. Vaksin dosis ketiga atau booster menjadi sasaran pemberian dalam upaya memperkuat imunitas tubuh dari serangan covid-19.

Walaupun status PPKM sudah dicabut pemerintah, layanan vaksinasi covid-19 booster kedua tetap bisa diakses masyarakat. Namun sayang masyarakat yang mengakses layanan vaksin dosis booster di Kota Pekanbaru masih minim.

"Mereka masih enggan mengakses langsung layanan vaksin booster kedua itu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih, Minggu (29/1/2023).

Zaini menyampaikan bahwa capaian vaksin dosis booster pertama saja hampir 39 persen. Sedangkan untuk vaksin booster kedua baru 2,17 persen. Sementara total target penerima vaksin di Kota Pekanbaru berkisar 843.000 orang.

"Minatnya masih rendah, masih belum banyak yang mengakses layanan ini," terangnya.

Ia mengungkapkan, masyarakat umum sudah bisa mendapat layanan vaksin dosis keempat atau booster dua ini setelah terbitnya surat edaran dari Kementrian Kesehatan. Mereka yang boleh mendapat suntikan vaksin booster kedua hanya yang berusia di atas 18 tahun.

Zaini mengatakan bahwa yang berusia di bawah 18 tahun belum bisa mendapat vaksin tersebut. Mereka bisa mendapat vaksin booster kedua bila sudah menerima vaksin dosis ketiga enam bulan sebelumnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index