Masyarakat Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrim

Masyarakat Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrim
ilustrasi

KAMPAR (RA)- Seluruh masyarakat di Kabupaten Kampar diimbau untuk mewaspadai kondisi cuaca yang ekstrim selama lebih kurang satu pekan terakhir.

Terkadang pada pagi hingga menjelang siang cuaca terasa cukup panas, namun pada siang ataupun sore terjadi hujan deras. Kondisi ini sangat rawan menimbulkan gangguan kesehatan bagi masyarakat.

Imbauan itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kampar H Herlyn Rahmola SKM, M.Kes kepada pers, ketika dikonfirmasikan tentang kewaspadaan terhadap gangguan kesehatan masyarakat.

Disebutkannya, pada kondisi cuaca yang ekstrim, sangat rentan terhadap dominasi berjangkitnya penyakit Infeksi Saluran Pernafasan. Untuk itu, sebagai langkah antisipasi para orang tua, diimbau untuk membatasi kegiatan anak-anak di luar rumah.
            
"Sekarang ini masa-masa bergesernya musim hujan ke musim kemarau. Kemudian pada siang hari cuaca panas terik dan pada malam hari cenderung hujan, makanya kami mengimbau agar para orang tua membatasi kegiatan anak di luar rumah," ujarnya.
            
Herlyn juga menyampaikan agar masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan, sebab jika ada genangan air pasca hujan akan berpotensi pula terhadap berkembangbiaknya jentik-jentik nyamuk demam berdarah, terutama genangan air di barang-barang bekas.

"Tetap jaga kebersihan, sebagai upaya untuk membiasakan hidup bersih dan sehat dan upaya membentengi keluarga dari penyakit berbahaya,"tambahnya.
 

Laporan : romg

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index