Pendukung Prabowo Banyak Bergeser ke Anies Baswedan

Pendukung Prabowo Banyak Bergeser ke Anies Baswedan
Anies Baswedan

Riauaktual.com - Pendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2019 lalu banyak bergeser ke calon presiden atau capres Anies Baswedan.

Pendukung Prabowo itu kebanyakannya beralih ke Anies berlatarbelakang agama islam.

Hal itu sebagaimana hasil survei yang dipaparkan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

“Pendukung Prabowo beralih ke Anies dari segmen Islam,” kata pendiri SMRC Saiful Mujani dalam keterangannya, Kamis (12/1/2023).

Dia menyebutkan banyaknya pendukung Prabowo berbasis Islam beralih ke Anies Baswedan Karena Anies diidentikan dengan politik Islam.

“Pada Pemilu 2019, sentimen Islam cukup kuat pada Prabowo. Sekarang diganti sama Anies. Sentimen Islam pada 2019 (sekarang) pindah ke Anies,” ucap Saiful sebagaimana dilansir dari Pojoksatu.id.

Saiful menyebutkan untuk saat ini ada 98,7 persen pemilih Prabowo beragama Islam pada 2019 bergeser ke Anies Baswedan.

Sementara itu, 1,3 persen merupakan pemilih tidak beragama Islam pendukung Prabowo tidak beralih ke mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain itu, lanjut Saiful Mujani, dalam hasil survei itu ada 13 persen pendukung Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu beralih ke Ganjar Praniwo.

“Untuk saat ini yang tetap pendukung Prabowo di Pilpres 2019 hanya 36 persen dan ada sebanyak 6 persen belum menjawab pertanyaan,” ungkapnya.

Saiful Mujani mengatakan untuk pendukung non muslim sebanyak 75 persen mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Untuk diketahui, survei SMRC dilakukan secara tatap muka pada 3-11 Desember 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum.

Pihak yang diwawancara yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan dan memiliki hak suara.

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden. Response rate sebesar 1029 atau 84 persen.

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).

Berita Lainnya

index