Sakit Gigi? Ini Deretan Makanan yang Boleh dan Harus Dihindari

Sakit Gigi? Ini Deretan Makanan yang Boleh dan Harus Dihindari
Ilustrasi Sakit Gigi. (Foto: Shutterstock)

Riauaktual.com - SAKIT gigi umumnya terjadi akibat penyakit pada gigi atau gusi. Ketika terinfeksi dengan virus dan bakteri, maka bagian dalam atau sekitar gigi dan rahang terasa sakit atau nyeri.

Ada berbagai alasan mengapa seseorang merasakan sakit gigi. Bisa karena gigi berlubang atau abses mulut. Prosedur gigi seperti profilaksis oral (pembersihan gigi) juga dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif. Pencabutan gigi dan operasi lainnya juga dapat menyebabkan sakit gigi selama masa pemulihan.

Sakit gigi bisa langsung dirasakan begitu gusi di sekitar gigi meradang atau bengkak. Anda mungkin merasakan sakit yang tajam, berdenyut, dan terasa secara keseluruhan di sekitar gigi. Sakit kepala dan demam mungkin dapat terjadi yang menyertai sakit gigi, dan mungkin menimbulkan rasa tidak nyaman di mulut yang berasal dari gigi yang mungkin terinfeksi.

Selain prosedur gigi dan obat-obatan, ada beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sakit mulut atau sakit gigi. Salah satunya adalah dengan makan (dan tidak makan) makanan tertentu. Berikut adalah penjelasannya, dilansir dari Dental House.

Saat Anda sakit gigi, bisa pilih beberapa camilan seperti:

- Cottage cheese

- Kentang tumbuk

- Buah lunak, seperti pisang, pure buah

- Puding

- Smoothie dan milkshake

- Makanan lunak apa pun yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin

- Oatmeal

- Telur

- Bubur kacang hijau

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index