Berikut 5 Khasiat Minum Air Kelapa Muda, Tak Cuma Usir Dahaga!

Berikut 5 Khasiat Minum Air Kelapa Muda, Tak Cuma Usir Dahaga!
Air Kelapa Muda (Foto: Timesofindia)

Riauaktual.com - AIR kelapa muda sejak lama dipercaya sebagai minuman sehat yang menyegarkan. Biasanya, orang minum air kelapa muda saat cuaca terik untuk mengusir dahaga.

Sebagai negara beriklim tropis minuman elektrolit satu ini bukanlah hal yang sulit untuk didapatkan. Lantas, apa saja manfaat air kelapa muda bagi tubuh? Berikut adalah penjelasannya

1. Antioksidan

Air kelapa mengandung antioksidan, yang membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas. Studi terbaru pada tahun 2016, dilakukan uji coba pada tikus yang hasilnya ditemukan bahwa air kelapa memiliki potensi tinggi untuk mengurangi gejala kolesterol.

2. Menyehatkan untuk ginjal

Minum air kelapa secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Menurut sebuah studi tahun 2018 pada peserta tanpa batu ginjal, air kelapa membantu menghilangkan lebih banyak sitrat, kalium, dan klorida saat buang air kecil. Hal ini menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu melonggarkan batu di dalam organ ginjal atau mencegah pembentukannya. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu meringankan kerusakan ginjal karena diabetes.

3. Melembapkan kulit

Minum air kelapa atau mengaplikasikannya pada kulit kemungkinan dapat melembabkan kulit. Ilmuwan mengusulkan bahwa air kelapa memiliki efek antimikroba, dan menunjukkan bahwa mengoleskannya ke kulit dapat membantu mengobati jerawat.

4. Menurunkan berat badan

Air kelapa murni mengandung 45 kalori dalam 1 gelas, air kelapa bisa jadi alternatif pengganti minuman manis yang dapat ditambahkan dalam diet Anda. Mengganti air putih dengan air kelapa dapat mendukung penurunan dan mempertahankan berat badan yang stabil.

5. Menurunkan tekanan darah pada orang dengan diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah. Studi terbaru di tahun 2021 yang melibatkan tikus dengan diabetes menemukan bahwa air kelapa mengurangi glukosa darah pada tubuh hewan tersebut.

Adapun manfaat gula darah tambahan lainnya dari air kelapa adalah sumber magnesium yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan prediabetes.

Air kelapa mengandung karbohidrat (yang perlu dipecah menjadi gula dalam tubuh) jadi jika Anda hidup dengan diabetes atau pradiabetes, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi sebelum menambahkannya ke dalam menu diet Anda.

 

 

 

Sumber: Okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index