Selasa, Pele Dimakamkan Di Kuburan Tertinggi Di Dunia

Selasa, Pele Dimakamkan Di Kuburan Tertinggi Di Dunia
Legenda sepak bola Brazil, Pele wafat dalam usia 82 tahun. (Foto: Net)

Riauaktual.com - Legenda sepak bola Brazil, Pele atau Edson Arantes do Nascimento yang meninggal dunia di RS Albert Einstein, Sao Paulo pada Kamis (29/12), akan dikuburkan di pemakaman vertikal yang unik dan mewah: Memorial Necropole Ecumenica. Bersama anggota keluarga lainnya.

Kuburan vertikal ini terletak di antara gedung pencakar langit dan hutan lebat. Guinness Book of World Records mencatatnya sebagai kuburan vertikal tertinggi di dunia. Dengan 14 lantai dan 14 ribu kubah. Air terjun dan museum mobil, turut menambah kemegahan kuburan tersebut.

 

Memorial Necropole Ecumenica, tempat peristirahatan Pele. (Foto: The Sun)

Seperti dikutip The Sun, bangunan itu memiliki ruang bawah tanah, ruang pelayanan, krematorium, dan mausoleum untuk keluarga yang ingin melestarikan peninggalan mereka dengan lebih privat.

Sehari sebelumnya, Senin (2/1), jenazah Pele akan dibalsem dan disemayamkan di Stadion Santos, Vila Belmiro. Tempat dia merumput selama 17 tahun. 

Di Stadion Santos, peti mati Pele akan ditempatkan di lapangan. Sehingga, para pendukung dapat memberikan penghormatan selama 24 jam sebelum prosesi iring-irijgan peti jenazah melalui jalan-jalan Santos. Melewati Kanal 6, tempat tinggal ibunda Pele, dan akhirnya tiba di peristirahatan terakhir, Memorial Necropole Ecumenica.

Pele yang tutup usia akibat kegagalan multiorgan yang dipicu kanker usus besar, meninggalkan seorang istri bernama Marcia Aoki dan tujuh anak, termasuk Edison.

Atas kematiang sang legenda, Presiden Brazil Jair Bolsonaro, mengumumkan masa berkabung nasional selama tiga hari.

Patung Kristus Penebus dan Stadion Maracana dinyalakan untuk menghormati Pele. Begitu pula Stadion Wembley di Inggris.

Lengkungan stadion kebanggaan Kota London itu menampilkan lampu dengan warna hijau kuning khas Brazil, sebagai bentuk penghormatan terhadap Pele.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index