Penalti di Laga Vietnam vs Malaysia, Benarkah Keputusan Wasit Ryuji Sato ? Begini Penjelasannya

Penalti di Laga Vietnam vs Malaysia, Benarkah Keputusan Wasit Ryuji Sato ? Begini Penjelasannya
Penalti kontroversi Vietnam vs Malaysia karena insiden Azam Azmi (Malaysia) menginjak wajah Van Hau (Vietnam) di luar kotak 16 Negeri Jiran. Foto: twi

Riauaktual.com - Pertandingan penyisihan Grup B Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Malaysia di My Dinh National Stadium (Hanoi), Selasa (27/12) malam WIB, diwarnai penalti kontroversi untuk The Golden Star. Benarkah keputusan wasit Ryuji Sato?

Diberitakan sebelumnya, matchday 3 Grup B Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Malaysia berakhir dengan skor 3-0 untuk tuan rumah.

Gol-gol Vietnam pada laga itu dicetak Nguyen Tien Linh, penalti Que Ngoc Hai dan Nguyen Hoang Duc.

Wasit asal Jepang Ryuji Sato yang memimin laga ini mengeluarkan dua kartu merah.

Pertama untuk Nguyen Van Toan (Vietnam) pada menit ke-32 usai menerima kartu kuning kedua.

Kemudian yang kedua untuk pemain Malaysia Azam Azmi pada menit ke-59, sekaligus penalti untuk Vietnam.

Insiden pada menit ke-59 itu yang jadi kontroversi bahkan jadi perbincangan warganet usai pertandingan Vietnam vs Malaysia.

Pasalnya, Azam Azmi mendapat kartu merah karena dianggap menginjak wajah Van Hau. Namun kejadiannya di luar lapangan. Bukan di dalam kotak penalti.

Untuk pemberian kartu merah tampaknya tidak banyak yang protes. Namun penalti atas insiden di luar kotak 16 itu yang dianggap keliru.

Jadi apakah keputusan wasit asal Jepang, Ryuji Sato itu keliru?

Akun twitter The Asean Ball memberikan penjelasan mengenai penalti kontroversi pada laga Vietnam vs Malaysia itu.

Berikut penjelasannya:

  1. Pada menit ke-59, dalam perselisihan di luar garis gawang, pemain bertahan Azam Azmi dari Malaysia melanggar Van Hau dari Vietnam. (Menurut gambar media, pemain Malaysia itu menginjak wajah pemain Vietnam).
  2. Wasit Ryuji Sato memberi Vietnam penalti dan kartu merah untuk bek Azam Azmi dari Malaysia.
  3. Dalam Aturan FIFA 14: “Tendangan penalti diberikan jika seorang pemain melakukan pelanggaran langsung di area penalti atau di luar lapangan sebagai bagian dari pertandingan sebagaimana diuraikan dalam aturan pasal 12 dan 13.”

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa keputusan Ryuji Sato sudah tepat. Sebab gesekan antar pemain sebelumnya sudah terjadi di dalam kotak penalti, kemudian berlanjut di pinggir lapangan.

 

 

 

Sumber: Pojoksatu.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index