Jelang Nataru, Pemkab Siak Gelar Pasar Sembako Murah

Jelang Nataru, Pemkab Siak Gelar Pasar Sembako Murah
Wakil Bupati Siak Husni Merza.

Riauaktual.com - Agar terjangkau masyarakat menengah kebawah, Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Kamis (22/12/22).

Pasar murah ini, merupakan ikhtiar dan usaha dari Pemkab Siak dalam menjaga ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga di masyarakat menggandeng Badan Pangan Nasional dan BULOG, serta mitra-mitra terkait, dipusatkan di Lapangan Bola, samping Kantor Lurah Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak.

Bupati Siak, melalui wakil bupati Husni Merza menuturkan GPM tersebut sudah ke tiga kalinya.

Pertanyaannya, kenapa dipusatkan di Kota Siak ? karena Kota Siak kata Husni merupakan satu-satunya kota yang diambil sebagai indikator untuk melihat perkembangan harga pangan.

"Sebetulnya banyak cara kita untuk menstabilkan harga selain kegiatan yang kita laksanakan hari ini. Ada operasi pasar melalui Dinas Pertanian, selain itu kita juga sudah menghimbau masyarakat untuk menanam cabe, banyak bibit cabe yang kita beri gratis kepada masyarakat,"ujar Husni.

Ia berharap kegiatan GPM ini betul-betul bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Dan pada akhirnya, dapat menstabilisasikan harga di pasar sehingga harga bisa terjangkau.

"Tugas pemerintah bagaimana memastikan bahwa masyarakat punya duit, dan duit itu bisa untuk dibelanjakan dengan harga yang berpatutan. itu tugas kami,"ungkapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Siak, Tri Handro Pramono menjelaskan kegiatan GPM adalah bentuk peran pemerintah untuk hadir ditengah-tengah masyarakat.

Utamanya, dalam menjaga ketersediaan bahan pangan dan stabilitas harga, sebagai impact dari pengaruh terjadinya inflasi.

"Kegiatan GPM ini juga bertujuan menyiapkan bahan pangan yang murah dan berkualitas untuk masyarakat. Mempermudah akses pangan bagi masyarakat, mempengaruhi harga pasar di tingkat distributor agar tidak terlalu fluktuatif, dan menjaga stabilitas harga pangan ditingkat konsumen,"terangnya.

Untuk diketahui, bahan pokok di GPM ini terdiri dari beras, cabe, minyak goreng dan telor ayam. Kesemua bahan pokok tersebut dijual lebih murah daripada dipasaran pada umumnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index