Realisasi Pajak Daerah di Pekanbaru Sudah 89persen dari Target

Realisasi Pajak Daerah di Pekanbaru Sudah 89persen dari Target
Ilustrasi

Riauaktual.com - Realisasi pendapatan dari sektor pajak daerah di Kota Pekanbaru masih belum capai target. Hingga saat ini, realisasi pendapatan pajak Kota Pekanbaru tahun 2022 baru mencapai 89 persen dari target.

Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Alek Kurniawan mengatakan, ada sekitar Rp89 miliar lagi target pajak daerah yang harus mereka raup dari sebelas objek pajak guna memenuhi target.

"Dari laporan terakhir, ada lebih kurang sekitar Rp89 miliar lagi lah realisasi pajak kita yang belum tercapai dari target yang telah ditetapkan," ujar Alek Kurniawan, Rabu (7/12/2022).

Ia mengungkapkan, target pendapatan Kota Pekanbaru dari sebelas objek pajak tahun ini sekitar Rp742 miliar lebih. Karena itu, pihaknya terus gencar melakukan sosialisasi dan kemudahan-kemudahan kepada wajib pajak.

Ia menyebut, salah satu capaian objek pajak yang masih rendah saat ini adalah dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Karena itu, pihaknya memberikan promo diskon bahkan penghapusan denda pajak.

"Makanya kita sekarang gencar juga ada kemudahan, kemurahan, kita sosialisasikanlah semuanya," terangnya.

Menurutnya, minat masyarakat sangat banyak, namun juga ada masyarakat yang belum tahu kemudahan-kemudahan bagi wajib pajak. Karena itu, pihaknya terus sosialisasikan melalui flyer, sosial media serta kemudahan-kemudahan.

"Ternyata, minat masyarakat sangat banyak dan banyak juga yang belum tahu hal-hal seperti penghapusan denda PBB dan BPHTB. Itu kan objek pajak yang targetnya perlu kita optimalkan," jelasnya.

Pihaknya pun terus berupaya agar target pendapatan dari pajak dapat tercapai jelang akhir tahun ini. Pihaknya mengoptimalkan sumber daya manusia yang ada untuk mencapai target tersebut.

"Kita optimalkan semua yang ada termasuk sumber daya manusia kita untuk melakukan optimalisasi, supaya di akhir tahun target yang kita tetapkan bisa kita capai," pungkasnya.

Berita Lainnya

index