Disperindag Tunggu Arahan Pj Walikota Terkait Nasib Pengelolaan Pasar Bawah

Disperindag Tunggu Arahan Pj Walikota Terkait Nasib Pengelolaan Pasar Bawah
Pasar Bawah

Riauaktual.com - Hingga saat ini Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, belum melakukan serah terima pengelolaan Pasar Bawah ke pihak ketiga pemenang lelang. Padahal lelang penunjukan pihak ketiga telah rampung sejak Juni 2022 lalu.

Pemenang lelang pengelolaan pasar di Jalan Ahmad Yani tersebut, adalah PT Ali Akbar Sejahtera (AAS) pada 7 Juni 2022, dengan nilai Rp91.464.659.996 melalui sistem Mitra Kerjasama Pemanfaatan (KSP) selama 30 tahun.

"Kita masih menunggu arahan Pj Wali Kota Pekanbaru," ujar Kepala Bidang Pasar Disperindag Kota Pekanbaru, Hendra Putra, Jumat (2/12/2022).

Menurutnya, Disperindag Kota Pekanbaru tidak bisa memastikan kapan pihak ketiga tersebut akan dipercaya mengelola pasar wisata tersebut. Kewenangan tersebut berada di tangan Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun.

Saat ini pengelolaan Pasar Bawah masih diambil alih oleh Disperindag Kota Pekanbaru selama masa transisi. Sebelumnya pemerintah Kota juga telah membentuk tim untuk melakukan tinjauan ulang terkait proses lelang. Ada indikasi proses lelang bermasalah sehingga serah terima belum dilakukan ke penenang lelang.

Ia mengaku, sampai saat ini pengelolaan pasar dilakukan Disperindag bersama pihak ketiga yang sebelumnya. Dikarenakan Disperindag memiliki keterbatasan personil, sehingga membutuhkan bantuan dari PT Dalena yang seharusnya sudah tidak bertanggung jawab akan pasar tersebut.

"Pengelolaan kan Disperindag yang pegang, tapi karena kita keterbatasan personil dan lain hal, sementara kita bersama dengan PT Dalena yang adalah pengelola lama. Sebelumnya kita beranggapan serah terima itu tidak selama ini," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index