Diskes Klaim Kota Pekanbaru Nihil Kasus Polio

Diskes Klaim Kota Pekanbaru Nihil Kasus Polio
Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih

Riauaktual.com - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, mengklaim hingga saat ini tidak ada temuan kasus polio di Ibukota Provinsi Riau. Walaupun pemerintah pusat kembali menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) untuk polio, namun kasus di Pekanbaru masih nihil.

"Kita pastikan saat ini kita (Pekanbaru.red) nihil kasus polio. Kasusnya belum ada hingga kini, mudah- mudahan jangan ada lagi," ujar Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih, Kamis (1/12/2022).

Ia menuturkan, bahwa selama beberapa tahun terakhir tidak ada kasus polio di Kota Pekanbaru. Zaini mengaku dari data di fasilitas kesehatan diketahui bahwa sejumlah orangtua masih enggan mengajak anaknya untuk mendapat vaksin polio.

Zaini menambahkan bahwa vaksin polio ada yang berupa tetes dan ada berupa suntikan. Ia mengatakan bahwa saat ini banyak orangtua abai terhadap vaksin dasar.

"Sudah saatnya, kita gencarkan lagi para kader posyandu agar bisa memberi edukasi dan mengajak orangtua agar anak-anaknya mendapat suntikan vaksin dasar serta polio," terang Zaini.

Ia menjelaskan bahwa vaksinasi polio mencegah anak menderita lumpuh layu. Mereka yang menderita penyakit ini tidak dapat berjalan maupun berdiri sehingga menimbulkan kekhawatiran di masa mendatang.

Zaini mengajak orangtua agar mencegah polio bagi anak dengan pemberian vaksin polio. Apalagi target pemerintah kota di tahun ini sudah mengeliminasi polio. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index