5 Makanan Sehat yang Bisa Bermanfaat bagi Kebugaran Paru-Paru

5 Makanan Sehat yang Bisa Bermanfaat bagi Kebugaran Paru-Paru
Ilustrasi makan buah. Shutterstock/michaeljung

Riauaktual.com - Kesehatan paru-paru merupakan sebuah hal yang vital bagi semua orang. Hal ini terutama pada masa persebaran infeksi virus corona atau COVID-19 seperti saat ini.

Seperti diketahui bersama, infeksi virus ini menyerang sistem pernapasan seseorang termasuk paru-paru. Ketika paru-paru kita dalam kondisi sehat dan bugar, maka risiko penyakit ini juga bisa menurun.

Menerapkan gaya hidup sehat merupakan hal yang penting dalam menjaga kesehatan paru-paru. Tidak merokok serta konsumsi makanan sehat yang tepat bisa menjaga paru-paru tetap sehat dan kuat.

Sejumlah makanan yang mudah kita jumpai memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah makanan sehat yang bisa membantu menjaga kesehatan paru-paru.

Apel

Apel merupakan salah satu buah sehat yang bisa menjaga kesehatan tubuh termasuk paru-paru. Buah sehat ini kaya kandungan fitokimia yang bisa menurunkan peradangan dan stres oksidatif yang bisa meningkatkan fungsi paru-paru.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kale juga bisa jadi pilihan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Sayuran ini mengandung sejumlah nutrisi seperti serat, mineral, antioksidan, serta vitamin.

Teh Hijau

Teh hijau termasuk minuman sehat termasuk bagi paru-paru. Minuman ini mengandung polifenol dan antioksidan yang diketahui bisa menekan tumbuhnya sel kanker paru-paru. Konsumsi minuman ini secara rutin bisa menurunkan risiko munculnya penyakit gangguan paru-paru.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan anti peradangan serta antioksidan yang bisa melundingi paru-paru dari stres oksidatif. Hal ini bisa menurunkan risiko munculnya kanker paru-paru di kemudian hari.

Salmon

Salmon termasuk salah satu ikan laut yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ikan ini merupakan sumber asam lemak omega-3 yang bisa menjaga kesehatan paru-paru.

Berbagai makanan termasuk bisa jadi cara yang sehat untuk lindungi paru-paru. Makanan ini juga cukup sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Berita Lainnya

index