5 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

5 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan
Manfaat wortel (Foto: Times of india)

Riauaktual.com - WORTEL merupakan salah satu sayuran yang disukai banyak orang. Selain karena rasanya manis, murah ternyata juga sehat karena mengurangi risiko berbagai penyakit.

Secara umum masyarakat mengenal wortel sebagai salah satu sayur yang kaya vitamin A. "Vitamin A menjadi sebagai antioksidan pelindung sel, bahkan dapat membantu melindungi dari kanker, degenerasi makula terkait usia, dan campak," dikutip dari Health, Minggu (27/11/2022).

Apa saja manfaat wortel bagi kesehatan?

1. Kontrol berat badan

Wortel memiliki manfaat menjaga berat badan, karena mengandung sedikit kalori, tapi padat nutrisi. Nutrisi tersebut diantaranya protein, serat, air, vitamin, dan mineral.

Kandungan serat pada wortel juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.Selain serat yang disediakan wortel, juga penuh dengan air. (Wortel sebenarnya adalah 88% air).

2. Menyeimbangkan gula darah

Serat larut dalam wortel terbukti membantu mengatur gula darah dan kadar insulin setelah makan. Apabila anda hobi konsumsi mentah atau sedikit dimasak, ternyata juga rendah indeks glikemik, membantu menyediakan pasokan energi yang stabil.

3. Menurunkan risiko kanker

Bagi anda tak suka wortel, perlu perhatikan bahwa wortel mampu menurunkan risiko kanker. Hal ini dari antioksidan karotenoid yang disebut beta-karoten.

Sehingga mereka yang konsumsi wortel, memiliki tingkat kanker yang rendah, termasuk kanker kolorektal, seperti yang dilaporkan dalam studi tahun 2020 diterbitkan di Nutrients.

4. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Sebuah penelitian yang mengevaluasi tingkat kehilangan gigi pada populasi lansia di Jepang. Dengan gangguan kognitif, menunjukkan efek perlindungan terhadap masalah gigi.

Masalah gigi teratasi dengan mengonsumsi beta karoten yang lebih tinggi melalui wortel dan sayuran lain, seperti acar sayuran hijau, selada/kubis mentah, sayuran berdaun hijau, labu, dan kol Cina menunjukkan dampak positif itu.

5. Baik untuk Penglihatan

Wortel adalah sumber vitamin A sangat baik untuk mata, termasuk karotenoid lutein dan zeaxanthin. Senyawa ini, sangat membantu dalam mencegah degenerasi makula terkait usia, penyebab umum kehilangan penglihatan.

 


 


 

Berita Lainnya

index