Apakah Boleh Minum Kopi Sebagai Sarapan? Ini Penjelasannya

Apakah Boleh Minum Kopi Sebagai Sarapan? Ini Penjelasannya
ilustrasi kopi. pexels

Riauaktual.com - Ngopi sudah menjadi budaya populer di Indonesia. Minum kopi apalagi di pagi hari memang dinilai bisa menambah energi dan “bikin mata melek” berkat kandungan kafein di dalamnya.

Kafein ini memang bersifat adiktif, sehingga tidak mengonsumsi kopi selama sehari saja dapat mengakibatkan efek samping berupa pusing dan mudah lelah. Sehingga bagi penikmat kopi, hampir tidak bisa tidak minum kopi sehari saja.

Oleh sebab itu, sering kali orang mengonsumsi kopi sebagai menu sarapan di pagi hari, saat perut masih dalam keadaan kosong.

Kafein memang memiliki beberapa dampak jika diminum saat perut kosong. Lantas, apakah boleh mengonsumsi kopi di pagi hari?

Efek Samping Minum Kopi Ketika Perut Kosong

Jika Anda belum memakan apa pun alias perut dalam kondisi kosong, Anda harus memperhatikan makanan atau minuman apa yang masuk ke dalam perut. Kopi mengandung kafein tinggi yang mana dapat memicu asam lambung naik, dan pada akhirnya menyebabkan maag.

Kadar asam lambung naik tentu dapat menyebabkan rasa mual yang hebat. Asam pada dasarnya bersifat korosif (merusak), sehingga kadar asam lambung yang tinggi dapat mengiris dinding perut.

Selain itu, kopi memiliki kadar gula yang tinggi. Hal ini tentu berbahaya bagi Anda yang memiliki penyakit gula darah. Kadar gula yang tinggi pada darah dapat berujung pada gangguan jantung yang tentu bisa berakibat fatal.

Jadi Apakah Minum Kopi Untuk Sarapan Dilarang?

Sebenarnya tidak ada larangan minum kopi untuk sarapan bagi Anda yang sehat. Hanya saja, perlu sangat dihindari minum kopi saat perut kosong, alias jangan jadikan kopi sebagai hal pertama yang dikonsumsi saat mata terbuka dari bangun tidur.

Efek samping yang disebutkan sebelumnya dapat terjadi ketika langsung mengonsumsi kopi saat perut kosong atau terhitung 2 jam setelah makan terakhir.

Terdapat beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk tetap bisa konsumsi kopi secara aman. Salah satunya, konsumsilah kopi setelah makan berat.

Setelah bangun pagi, konsumsi dulu makanan lain untuk mengisi gizi dan nutrisi tubuh yang hilang. Makanlah kue-kue pasar, roti, atau pun nasi. Setelah itu, barulah Anda bisa konsumsi kopi.

Selain itu, kopi memang dikenal membuat mulut terasa kering sehingga menjadi bau mulut. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggosok gigi atau berkumur dengan mouthwash setelah minum kopi. Anda juga bisa mengunyah permen karet xylitol untuk menghilangkan bau.

Itulah penjelasan terkait konsumsi kopi yang aman untuk sarapan. Minum kopi untuk sarapan memang sejatinya aman dan boleh saja untuk dilakukan, namun tidak dalam perut kosong. Tetap kontrol konsumsi kafein ke dalam tubuh agar Anda tidak menjadi pecandu kopi!

 

 

 

Sumber: Merdeka.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index