Berikut 7 Manfaat Sehat yang Bisa Diperoleh dari Konsumsi Makanan Pedas

Berikut 7 Manfaat Sehat yang Bisa Diperoleh dari Konsumsi Makanan Pedas
Ilustrasi cabai. huffingtonpost

Riauaktual.com - Makan kurang lengkap rasanya jika tidak ada rasa pedas. Hal inilah yang dipercaya oleh banyak orang sehingga makanan dengan rasa pedas merupakan favorit bagi banyak orang.

Sama seperti berolahraga, makan makanan pedas bisa membuatmu jadi berkeringat. Rasa panas ini bisa terjadi karena kandungan pedas yaitu capsaicin yang menimbulkannya.

Sinyal rasa pedas yang dikirim dari mulut ke otak ini merupakan rasa yang disukai sebagian orang namun dibenci sebagian lainnya. Selain rasa yang ditimbulkan di mulut ini, rasa pedas memiliki sejumlah manfaat juga pada bagian tubuh kita yang lain.

Konsumsi makanan pedas bisa memiliki sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. Dilansir dari The Beet, berikut sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi makanan pedas.

1. Meningkatkan Metabolisme

Makanan pedas diketahui bisa meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan tanpa efek samping. Kandungan capsaicin dari makanan pedas ini diketahui bermanfaat bagi kesehatan metabolisme terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Capsaicin juga mungkin menurunkan adipogenesis, proses terjadinya akumulasi lemak ini. Konsumsi makanan pedas di pagi hari juga bisa menurunkan konsumsi protein dan lemak di siang hari.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan dan Mood

Pada saat capsaicin masuk ke usus dan memikat reseptor spesial VR1 vanilloid receptor, tubuh menciptakan anandamide yang menurunkan peradangan pada usus dan menurunkan risiko tumir.

Anandamide yang tercipta dari konsumsi makanan pedas ini bisa membantu meningkatkan mood seseorang. Lebih lanjut, capsaicin juga bisa meningkatkan aktivitas dari sistem opioid sentral dan menciptakan efek analgesik.

3. Menghilangkan Rasa Sakit Kronis dan Peradangan

Stimulasi pada sistem sentral opioid dan lepasnya endorfin akibat capsaicin ini bisa membantu mengurangi rasa sakit kronis. Karena efek ini, capsaicin pernah diteliti sebagai agen topikal untuk mengatasi berbagai macam masalah.

4. Buat Panjang Umur

Penelitian pada tahun 2015 menemukan bahwa kebiasanya mengonsumsi makanan pedas sebanyak enam hingga tujuh kali seminggu bisa membantu melawan berabgai masalah kesehatan. Masalah yang bisa diatasi di antaranya berhubungan dengan kanker, penyakit jantung, dan penyakit pernapasan.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Walau belum ada bukti secara langsung, diketahui bahwa konsumsi makanan pedas bisa berhubungan dengan menurunnya risiko kanker. Kandungan capsaicin dari makanan pedas ini diketahui bisa mentarget beberapa jaringan, onkogen, dan menyerang sel kanker ini.

6. Bantu Melawan Infeksi serta Memiliki Kandungan Antimikroba dan Antivirus

Kandungan capsaicin diketahui bisa menurunkan invasi sel mikroba yang ada di tubuh. Melalui sejumlah mekanisme dalam tubuh, makanan pedas ini bisa membantu melawan mikroba dan virus yang muncul.

7. Menurunkan Tingkat Gula Darah

Jika kamu ingin menjaga tingkat energi dalam tubuh agar tetap stabil, capsaicin bisa membantu menurunkan gula darah. Hal ini bisa membantumu untuk beraktivitas secara normal dalam seharian.

Berita Lainnya

index