Jerman vs Jepang, Ketangguhan Benteng Samurai Biru Bikin Der Panzer Bertekuk Lutut

Jerman vs Jepang, Ketangguhan Benteng Samurai Biru Bikin Der Panzer Bertekuk Lutut
Pertandingan Jerman lawan Jepang pada laga perdana Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa (Doha), Rabu (23/11) malam WIB.

Riauaktual.com - Hasil Jerman vs Jepang. Stadion Internasional Khalifa (Doha) jadi saksi ketangguhan benteng Samurai Biru yang membuat Der Panzer bertekuk lutut pada laga perdana Grup E Piala Dunia 2022.

Kejutan terjadi pada pertandingan Jerman vs Jepang yang berlangsung pada Rabu (23/11) malam WIB. Di luar dugaan Samurai Biru menang 2-1.

Sebagai tim unggulan dengan skuat tim mentereng, Jerman memang sangat dominan sepanjang laga.

Mencatat 73 persen ball possession berbanding 27 persen milik Jepang. Jerman melepaskan 25 tembakan dengan delapan di antaranya tepat sasaran.

Sementara Samurai Biru hanya mampu melepaskan 11 tembakan dan 3 shot on goal. Tapi dua di antaranya berbuah skor bagi wakil Asia.

Pertahanan solid Jepang sudah terlihat sejak awal laga dengan Shuichi Gonda yang bertugas di bawah mistar beberapa kali menggagalkan peluang Jerman.

Jepang sendiri, melalui strikernya Daizen Maeda sempat menjebol gawang Manuel Neuer saat laga baru berjalan delapan menit. Namun hakim garis mengangkat bendera karena memang lebih dulu terjadi offside.

Pada menit ke-21 Joshua Kimmich melepaskan tendangan jarak jauh yang bisa ditepis dengan baik oleh Gonda.

Jerman unggul lebih dulu pada menit ke-33 lewat penalti Ilkay Gundogan. Sebelumnya wasit Ivan Barton menunjuk titik putih setelah Gonda dianggap menjatuhkan pemain lawan.

Unggul 1-0 tak membuat Jerman meredam agresi ke pertahanan Samurai Biru. Wonderkid Der Panzer, Jamal Musiala melepaskan tendangan keras dari dekat kotak penalti, tapi arahnya melenceng.

Lalu pada masa injury babak pertama umpan manis Serge Gnabry berhasil diceploskan Kai Havertz ke gawang Jepang.

Tapi dari pantauan VAR lebih dulu terjadi offside. Babak pertama Jerman vs Jepang berakhir dengan skor 1-0.

Di babak kedua, Jerman masih mendominasi penguasaan bola. Tapi kali ini serangan balik Jepang tampak sangat efektif dan membahayakan.

Musiala kembali menunjukkan aksi individu memukau pada menit ke-51. Namun lagi-lagi penyelasian akhirnya tidak tepat sasaran.

Sementara tendangan Gundogan dari jarak dekat tepat satu jam laga berjalan, hanya mengenai tiang gawang Samurai Biru.

Jonas Hofmann dan Gnabry juga mendapat peluang emas, tapi barisan pertahanan Jepang sangat disiplin dan Gonda sekali lagi tampil brilian.

Sibuk menggempur pertahanan lawan, Jerman malah kebobolan pada menit ke-75 setelah pemain pengganti Ritsu Doan dengan cepat menyambar bola pantul hasil halauan Neuer dan gol. Skor imbang 1-1.

Gol Doan ini membangkitkan semangat anak asuh Hajime Moriyasu.

Puncaknya pada menit ke-83, lewat serangan balik cepat, umpan Ko Itakura berhasil dikuasai Takuma Asano sebelum melepaskan sepakan keras dari sudut sempit. Jepang berbalik unggul 2-1.

Setelah itu para pemain Jepang semakin rapih dan disiplin memperkuat benteng pertahanan mereka dan hingga laga bubar tidak ada lagi gol tercipta.

Jepang mendulang poin penuh di laga perdananya dari salah satu favorit juara Piala Dunia 2022 ini.

 

 

Sumber: Pojoksatu.id

Berita Lainnya

index