Pemko Mulai Berikan Booster Dosis Kedua untuk Lansia di Pekanbaru

Pemko Mulai Berikan Booster Dosis Kedua untuk Lansia di Pekanbaru
Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Kesehatan (Diskes) mulai memberikan pelayanan penyuntikan vaksin booster dosis tahap dua bagi warga lanjut usia (lansia).

Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, pelayanan vaksinasi booster ini bisa didapatkan warga di seluruh puskesmas, rumah sakit rujukan covid, serta di Mal Vaksinasi dan Imunisasi.

"Itu bisa diakses atau didapatkan oleh masyarakat secara gratis," kata Zaini Rizaldy Saragih, Rabu (23/11/2022).

Menurutnya, saat ini untuk ketersediaan vaksin sendiri, disampaikan Zaini sangat cukup guna melayani booster kedua bagi lansia.

"Tapi vaksin ini sekarang kita tempatkan di provinsi. Karena saat ini kan di lapangan antusias masyarakat itu kurang. Jadi kalau memang ada masyarakat yang mau, kita tinggal minta ke provinsi," ujarnya.

Penempatan vaksin di provinsi, lanjut dia, juga bertujuan untuk memperpanjang masa expired atau kedaluwarsa vaksin.

"Karena vaksin ini harus disimpan di suhu minus 70 (derajat celcius) sehingga dapat bertahan lebih lama. Kalau tidak disimpan pada suhu sangat dingin, maka vaksin dapat rusak dan tidak bisa digunakan," terang Zaini.

"Selain itu, tempat penyimpanan vaksin kita juga terbatas, makanya kita tempatkan di provinsi. Kalau ada yang mau (divaksin), kita tinggal minta sesuai kebutuhan," tutupnya menambahkan.

Berita Lainnya

index